Tips Sehat Saat Puasa Ramadhan Terbaru 2017



sehat saat puasa

Tips Sehat Saat Puasa Ramadhan Terbaru 2017. Saat puasa badan akan terasa lemas dan tidak bersemangat, terlebih jika diawal puasa Ramadhan. Meskipun demikian anda tetap harus melanjutkan puasa untuk mendapatkan anugrah dari Allah. Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi kaum muslim. Bagi anak-anak orang tua bisa mengajarkan puasa secara bertahap (Simak Juga: Tips Mengajari Anak Puasa Ramadhan)

Untuk menyiasati beberapa masalah dalam puasa Ramadhan memang dibutuhkan beberapa cara, agar tubuh tetap sehat dan bugar saat menjalani ibadah puasa. Memang lebih dari 12 jam perut tidak terisi makanan ataupun minuman namun usus masih tetap bekerja hal itulah yang membuat perut terasa mulas saat puasa.

Untuk tetap fit dalam puasa Ramadhan bukan hanya fisik saja yang kita siapkan namun makanan yang kita konsumsi saat buka dan sahur juga harus seimbang. Agar disiang hari tubuh tetap bugar. Berikut tips sehat saat puasa Ramadhan.

  1. Saat sahur, pilihlah menu seperti makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan dan memiliki indeks glikemik rendah (yang dapat mempertahankan kadar gula darah stabil lebih lama dalam darah) seperti jenis karbohidrat seperti oatmeal atau mengganti beras putih dengan beras merah. (Baca Juga: Menu Sahur Praktis Mudah Dan Mudah Dalam Menyiapkan)
  2. Biasakan anak meminum air putih saat sahur maupun setelah buka puasa supaya tidak dehidrasi saat siang hari.
  3. Usahakan selalu ada menu berkuah seperti sup untuk menambah asupan cairan dalam tubuh.
  4. Hindari makanan pedas, minuman bersoda yang bisa menaikkan kadar asam lambung dan membuat lambung menjadi sakit maag (gastritis) serta hindari makanan yang terlalu asin dan mengandung bumbu penyedap rasa karena dapat meningkatkan rasa haus. Selain itu makanan pedas juga bisa memicu timbulnya bau mulut yang menyengat.
  5. Usahakan makan sahur tidak berlebihan meskipun sahur merupakan sumber tenaga untuk seharian namun menu sahur yang perlu diperhatikan
  6. Saat berbuka, awali dengan makanan manis dengan porsi yang pas supaya kekurangan glukosa saat puasa bisa terpenuhi. Misalnya, sebutir kurma atau teh manis hangat. (Baca Juga: Menu Buka Puasa Mudah Praktis Dan Nikmat)
  7. Saat berbuka, meskipun perut terasa kosong tapi jangan langsung makanan yang berat mulailah dengan makanan ringan namun mampu mengembalikan energy tubuh. bila anda langsung makan-makanan berat usus akan kaget dan berdampak pada sakit perut.

Demikian tadi tips tetap fit saat puasa Ramadhan. Selalu konsumsi makanan bergizi dengan porsi pas serta olahraga ringan agar tubuh tetap bugar saat menjalankan puasa Ramadhan. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Puasa Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]