Manfaat Keju Untuk Kesehatan, Yang Wajib Anda Ketahui



manfaat keju untuk kesehatan

Manfaat Keju Untuk Kesehatan, Yang Wajib Anda Ketahui. Selain rasanya yang enak, keju juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Keju yang berbahan dasar susu secara umum memiliki kandungan seperti susu, tetapi ada beberapa kandungan lainnya. Keju sangat disuakai mulai dari bayi, anak-anak bahkan orang tua karena memiliki rasa yang enak. Tidak hanya soal rasanya saja, keju memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Dengan mengkonsumsi keju kita peduli dengan tubuh kita. kandungan protein, mineral, vitamin dan laktosa dalam keju sangat dibutuhkan tubuh, terutama untuk bayi dan ibu hamil. Keju merupakan sumber vitamin A yang sangat baik untuk tubuh.

Berikut beberap[a manfaat dari mengkonsumsi keju.

Membantu pertumbuhan gigi dan tulang

Kalsium merupakan mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar syaraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Keju mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga baik bila dikonsumsi anak-anak, misalnya untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang serta membekukan darah pada luka sehingga luka cepat kering. Keju juga sangat baik untuk pertumbuhan janin. Jadi bagi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi keju.

Baca Juga: Penyakit Ricket Mengintai Anak-anak, Kenali Gejalanya Sejak Usia Dini

Kesehatan mata

Keju mengandung banyak vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata anda. Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam keju membantu menjaga kesehatan kulit dan perlindungan dari infeksi.

Baca Juga: Sumber Vitamin A, Manfaat Dan Bahayanya Bila Kekurangan

Pembangun jaringan otot

Keju juga mengandung protein yang cukup tinggi. Selain itu keju juga mengandung asam amino yang lengkap, misalnya jenis BCAAs (isoleucine, leucine, dan valine) sehingga berperan dalam sintesis protein untuk pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh, dan tulang.

Membantu sintesa DNA dan menjaga fungsi syaraf

Vitamin B2 yang terkandung dalam keju mempunyai peranan penting dalam metabolisme energi, dan diperlukan dalam metabolisme lemak, zat keton, karbohidrat dan protein. Jadi mengkonsumsi keju dapat membantu menjaga kesehatan dengan cara memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Keju juga mengandung vitamin B6 yang membantu metabolisme asam amino dan lemak, serta menjaga kesehatan kulit dan sistem syaraf. Sedangkan B12 (kobalamin) dalam keju adalah sebuah vitamin larut air yang berperan penting dalam berfungsi normalnya otak dan sistem syaraf, serta dalam pembentukan darah. Vitamin B12 mampu membantu pematangan sel-sel darah merah, membantu sintesa DNA dan menjaga fungsi syaraf.

Membuat tidur lebih nyenyak

Mengonsumsi keju yang cukup akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, karena keju mengandung triptofan. Triptofan terbukti mampu mengurangi stres dan stabilisasi syaraf otak dan membantu berhenti mengkhawatirkan hal-hal aneh. Ini berarti bahwa jika mengonsumsi keju sebelum tidur maka akan membuat lebih mudah tertidur dan menghilangkan pikiran-pikiran aneh penyebab susah tidur.

Baca Juga: Insomnia

Demikian manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi keju. Selain rasanya yang enak keju ternyata menyimpan segudang manfaat untuk tubuh. anda bisa mengkonsumsi keju setiap hari atau sudah terjadwal. Semoga ulasan diatas bermanfaat, salam super. Baca Juga: Jenis Keju Yang Banyak Beredar Di Indonesia serta Manfaat Keju Untuk Bayi Dimasa Pertumbuhan [YuQe-WartaSolo.com]