Manfaat Melakukan Latihan Plank Untuk Kesehatan



manfaat olahraga plank bagi kesehatan

Manfaat Melakukan Latihan Plank Untuk Kesehatan. Terkadang kita bingung ketika dalam berkembangnya tubuh kita yang semakin melar dan besar. Dengan makan tidak teratur serta beraktivitas yang kadang-kadang menambah tubuh kita semakin capek dan lelah. Maka dari itu olah raga yang tepat untuk membuat otot-otot kit agar tetap terjaga dengan baik adalah dengan latihan plank. Yaitu salah satu jenis olahraga kebugaran yang sederhana namun memiliki banyak manfaat. Dimana latihan plank berguna untuk memperkuat otot perut yang mana otot inilah yang bemanfaat untuk menopang tulang belakang itu sendiri.

Baca Juga : 10 Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Dan Inilah Manfaat Melakukan Latihan Plank Untuk Kesehatan Sebagai Berikut :

  • Untuk meningkatkan kekuatan tulang belakang – plank adalah latihan yang sangat ideal untuk otot perut karen melibatkan semua kelompok otot inti utama termasuk abdominus melintang, rektus abdominus, otot oblik eksternal dan glutes, pentingnya penguatan setiap kelompok otot tidak dapat diremehkan dalam kehidupan ini.
  • Dapat mengurangi risiko cidera di punggung dan tulang belakang – dalam melakukan plank jenis latihan yang memungkinkan untuk dapat membangun otot sementara juga memastikan bahwa tidak menempatkan terlalu banyak tekanan pada tulang belakang atau pinggul, menurut American Council on Exercise, dalam melakukan plank teratur tidak hanya secara signifikan untuk mengurangi sakit punggung,  tetapi juga dapat memperkuat otot-otot dan memastikan dukungan yang kuat untuk seluruh punggung, terutama di daerah sekitar punggung bagian atas.
  • Mampu meningkatkan metabolisme tubuh – olahraga ini yaitu cara terbaik menantang seluruh tubuh, karena dalam melakukannya setiap hari akan membakar kalori lebih dari latihan perut tradisional lainnya, seperti sit-up, otot-otot diperkuat dengan melakukan latihan ini rutin setiap harinya dan memastikan bahwa dalam membakar kalori dengan olahraga ini lebih banyak energy yang dibutuhkan.
  • Dapat memperbaiki postur tubuh – dalam melakukan plank dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk berdiri dengan posisi tegak dan stabil, dengan melalui penguatan otot perut, akan dapat mempertahankan postur tubuh yang tepat setiap saat karena otot-otot di perut memiliki efek mendalam pada kondisi keseluruhan leher, bahu, dada dan punggung.
  • Dapat meningkatkan keseimbangan tubuh – coba kita tanya pada diri kita, bahwa ketika kita mencoba berdiri dengan satu kaki saja tidak bisa berdiri tegak selama lebih dari beberapa detik? ini bukan karena kita mabuk, melainkan karena otot perut kita tidak cukup kuat untuk memberikan keseimbangan yang di butuhkan, maka dari itu apabila otot perut kita kuat mungkin akan terjadi hal yang berbeda dengan berdiri satu tadi.
  • Dapat meredakan stress – yaitu latihan plank memiliki efek tertentu pada saraf kita, membuat cara yang sangat baik untuk meningkatkan suasana hati secara keseluruhan, sebab dalam latihan plank berguna untuk mengencangkan kelompok otot yang berkontribusi untuk meredakan stres dan ketegangan dalam tubuh karena aktivitas pekerjaan sehari-hari.

Simak Juga : Manfaat Yoga Baik Untuk Kesehatan

Perlu diketahui bahwa, dalam menghabiskan sebagian besar hari-hari dengan duduk di depan computer, juga membuatnya menjadi 10 sampai 1 menit latihan di rumah setiap hari sebelum atau setelah bekerja tidak hanya akan memberikan tingkat metabolism, akan tetapi juga akan memastikan bahwa tingkat metabolisme dalam tubuh kita tetap tinggi sepanjang hari.

Maka dari itu, sangat penting kan olah raga ini yang begitu banyak manfaatnya. Dengan olahraga yang rutin maka tubuh kita akan benar-benar terjaga dengan baik. Maka dari itu sesibuk apapun aktivitas kita dalam sehari-hari, maka sempatkanlah berolahraga secara teratur dan yang pasti yang efektif untuk tubuh kita. [YuQe-WartaSolo.com]