Cara Mengatasi dan Mengobati Bibir Kering serta Pecah-Pecah



Cara Mengatasi Dan Mengobati Bibir Kering Serta Pecah Pecah

Cara Mengatasi dan Mengobati Bibir Kering serta Pecah-Pecah. Bagaimana cara mudah mengatasi bibir kering dan luka, apa penyebab bibir pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah bisa jadi merupakan salah satu indikator tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. Gejala yang sering ditimbulkan bibir terlihat kering, kemerahan, pecah-pecah, mengelupas dan kadang juga bisa terdapat luka hinga berdarah serta menimbulkan rasa perih.

Sering kali dari kita mengira bahwa bibir pecah-pecah hanya muncul saat musim panas atau musim kemarau. Namun, bibir pecah-pecah bisa juga dialami saat musim hujan, karena kurangnya kita memperhatikan. Jika hal tersebut terjadi, kira-kira strategi apa untuk mengatasinya,lahkah awalnya yakni mengganti cairan tubuh yang hilang dengan asupan air minum yang mengandung elektrolit. atau bisa juga menggunakan air kelapa karena kandungan elektroitnya serupa dengan yang dibutuhkan tubuh.

Apa saja penyebab bibir kering? Supaya bisa dengan mudah anda untuk mengatasi dan mencegahnya. Berbeda dengan kulit lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Karena alasan tersebut bibir lebih akan mudah kering dan jika parah menjadi pecah-pecah. Hilangnya kelembaban pada kulit bibir akan menyebabkan bibir kering bahkan pecah-pecah.

Penyebab Bibir Pecah-pecah

Penyebab utama terjadinya bibir kering yang jarang kita perhatikan berikut ini penjelasanya untuk Anda:
1. Kurangnya vitamin
2. Reaksi alergi
3. Dehidrasi
4. Merokok
5. Usia
6. Paparan sinar matahari
7. Perubahan cuaca ekstrim/peralihan iklim
8. Terlalu sering menjilat/menggigit bibir

Cara Mengatasi dan Mengobati Bibir Kering serta Pecah-Pecah

Dibawah ini adalah hal-hal yang harus anda lakukan ketika bibir kering atau pecah-pecah yang merupakan masalah mulut lainnya selain sariawan dan sakit gigi.

Minyak jarak

Cara pertama silahak oleskan minyak jarak pada bibir yang dirasa pecah-pecah secara teratur dua kali sehari. Bisa juga mencampurkan dengan gliserin dan air lemon untuk meraih hasil maksimal. Selain itu anda juga bisa mencoba menggunakan sikat gigi yang lembut untuk mengoleskannya pada bibir.

Madu

Madu yang kaya akan khasiat bagi manusia ternyata mampu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah karena kekurangan vitamin dan mineral. Ikuti caranya dengan mengoleskan madu pada bibir yang kering tiga kali sehari secara rutin dan teratur. Bisa saja Anda mencapurkan madu dengan gliserin, kemudian dioleskan pada bibir yang pecah-pecah. Namun harus dicatat, madu yang digunakan adalah madu murni yang tidak dicampur dengan bahan lain.

Simak Juga: Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil dan Kecantikan

Kelopak bunga mawar

Walaupun cara ini terlihat agak kurang familiar kelopak bunga mawar juga mampu mengembalikan warna alami bibir Anda. Caranya, rendam kelopak mawar dalam susu selama beberapa jam. Setelah itu haluskan hingga menjadi adonan seperti pasta. Oleskan ramuan tersebut pada bibir Anda setiap malam sebelum tidur.

Krim Susu

Krim susu mempunyai kandungan lemak yang baik dalam krim susu membuatnya menjadi pelembab bibir yang alami. Caranya, oleskan pada bibir, lalu biarkan setidaknya selama 10 menit. setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari sampai bibir benar-benar lembab.

Lidah Buaya

Cara alami mengobati bibir pecah selanjutnya yakni dengan lidah buaya, lidah buaya sudah sejak dulu bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut maupun kecantikan kulit, dan ini berlaku juga untuk bibir. Ambil jeli lidah buaya, lalu oleskan ke bibir. Selain menyembuhkan bibir pecah-pecah, lidah buaya juga menyejukkan dan membantu mengurangi rasa sakit jika ada luka di bibir.

Wajib baca untuk artikel ini mengenai 7 Manfaat Buah Arbei untuk Kesehatan.

Itulah kumpulan Cara Mengatasi dan Mengobati Bibir Kering serta Pecah-Pecah dengan bahan alami yang berada disekitar kita. Bagi Anda yang sedang browsing cara mengatasi bibir kering dan mengelupas, penyebab bibir kering dan pecah pecah, cara mengatasi bibir pecah pecah dan berdarah, obat bibir pecah pecah di apotik, silahkan dulu cara diatas untuk mendapatkan hasil terbaik. [Muvus Prasetyo – WartaSolo.com]