Inilah Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan



manfaat vitamin B kompleks

Inilah Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan. Pada awalnya vitamin B hanya ditemukan dalam bentuk tunggal seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E dan juga vitamin E. Akan tetapi, setelah diteliti oleh para ilmuan nutrisi vitamin B kompleks terdiri dari beberapa vitamin diantaranya vitamin B1, B2, B3, B5, B6,B7, B9 dan juga B12. Untuk besar vitamin B komplek dapat larut dalam air kecuali vitamin B12. Yang mempunyai makna jika vitamin tersebut berlebihan maka sisanya akan dikeluarkan melalui urin ataupun keringat tubuh kita.

Perlu diketahui bahwa, tubuh seseorang tidak dapat memproduksi vitamin B kompleks secara alami. Maka dari itu, untuk mencukupi asupan nutrisi tersebut tubuh kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks itu sendiri. Sebelum kami informasikan tentang manfaat vitamin B kompleks, berikut ini adalah daftar makanan sumber vitamin B kompleks sebagai berikut :

  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Daging dan olahan hewan
  • Kacang-kacangan

Baca Juga : 7 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Dan berikut ini adalah manfaat dari vitamin B komplek bagi kesehatan tubuh kita adalah :

  • Mampu menjaga kadar kolesterol yang sehat – kolesterol ada 2 macam yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik ,jika anda sering mengonsumsi jenis vitamin ini maka kolesterol jahat dalam tubuh akan berkurang, sedangkan kolesterol HDL akan tetap terjaga, sehingga hal ini akan dapat membantu anda untuk mencegah pengerasan pembuluh darah dan menurunkan resiko penyakit seperti, tekanan darah tinggi, jantung dan stroke yang sangat membahayakan.
  • Dapat menjaga pencernaan – pencernaan yang baik tentunya dapat mencegah tubuh terhindar dari penyakit seperti konstipasi, wasir dan juga BAB tidak lancar, vitamin B yang bermanfaat untuk mengatasi hal ini adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan juga vitamin B6, vitamin tersebut juga dapat membantu pemecahan lemak, karbohirat, protein serta dapat membantu produksi asam klorida (HCL).
  • Dapat memproduksi energi – untuk mendapatkan hal yang baik, tubuh memerlukan vitamin B kompleks, hal ini karena vitamin B1 digunakan oleh tubuh untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa, untuk melakukan hal ini dibutuhkan yang namanya vitamin B lainnya seperti vitamin B2, B3, B5,B6 dan juga B7, maka dari itu, jika seseorang kekurangan vitamin ini ia akan merasa lesu, mudah lelah dan tak bersemangat dalam beraktivitas sehari-hari.
  • Dapat menjaga sistem saraf dan tubuh – B kompleks dapat menjaga sistem saraf dan tubuh agar tetap sehat, Vitamin B 1, B6 dan B12 yang berguna untuk mengatur seluruh saraf agar bekerja dengan benar, Vitamin B5 memiliki peranan agar kelenjar adrenal bekerja dengan baik untuk memproduksi beberapa hormon dan zat pengatur saraf, sedangkan vitamin B9 (asam folat) sangat penting bagi ibu hamil, bagi ibu hamil asam folat mencegah bayi lahir cacat, mencegah stres dan juga cemas.
  • Untuk kesehatan rambut dan kuku – vitamin B komplek juga sangat penting untuk DNA, RNA dan juga reproduksi sel tubuh, kekurangan vitamin B dalam tubuh dapat menyebabkan kuku mudah pecah, rambut rontok, berjerawat, kulit kering dan terlihat kusam.

Baca Juga : Manfaat Jus Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Maka dari itu jangan sampai kelebihan vitamin B kompleks karena dapat mengakibatkan, komplikasi jantung dan hati, diabetes, asam urat, masalah kulit. Akan tetapi, jika tubuh kekurangan vitamin B komplek dapat menyebabkan gangguan diantaranya ; kekurangan vitamin B komplek, gangguan pada penglihatan, mual dan muntah, memperparah penyakit maag, dapat mengganggu kerja hati. Simak Juga : Tips Memutihkan Kulit Badan dan Wajah Dengan Lemon.[YuQe-WartaSolo.com]