Pencegahan Terhadap Penularan Cacing Kremi



cacing kremi

Pencegahan Terhadap Penularan Cacing Kremi. Cacing kremi memang sangat mudah menular, bahkan cacing kremi bisa menular melalui air dalam bak mandi. Untuk mengantisipasi kita wajib menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun lingkungan. Berikut pencegahan terhadap cacing kremi agar tidak mudah menular.

  1. Membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan denagna sabun setelah dan sesudah melakuakn aktifditas diluar rumah, aktifitas didalam toilet, setelah dan sebelum makan atau minum.
  2. Rajin memotong kuku yang dirasa telah memanjang agar terhindar dari penularan cacing kremi. Kuku yang panjang adalah tempat paling ideal baagi caacing menyembunyikan telur telurnya dan dapat menjadi tempat berkumpulnya cacing dewasa.
  3. Seminggu 2 kali sebaiknya cuci dan membersihkan semua mainan anak ank yang ad didalam rumah untuk pencegahan penularan telur cacing kremi yang melekart akibat pergerakan udara, angin , debu dan tangan tangan orang yang telah menderita cacin kremi.
  4. Rajin menguras dan membersihkan air dalam bak mandi setidaknya 2 kali dalam seminggu lalu meneteskan beberapa tes obat antiseptik yang diformulasikan khusus untuk air kamar mandi. Obat antiseptik itu berguna untuk meningkatkan kebersihan air dan membunuh telur telur cacing kremi.
  5. Membersihkan tempat tidur setiap hari dan mencuci seminggu sekali sprei, selimut sarun bantal atau guling untuk pencegahan perkembangan telur cacing yang mungkin tanpa sengaja ada telur cacingnya akibat temapt tidur tersebut pernah dipakai oleh orang atau teman yang menderita cacing kremi tanpa kita sadari.
  6. Memperbanyak penggunaan bawang putih pada setiap menu masakan, Karena antiseptik dan antibiotik aktif yang ada didalaamnya mamapu membunuh pertumbuhan telur telur cacing kremi dan memblokir pergerakan cacing kremi dewasa yang telah telanjur berada didalam tubuh. Bagi orang yang tidak terserang cacing kremi, Bawang putih dapat mencegah penularan cacing kremi dengan sangat baik.
  7. Membersihkan lantai rumah setiap hari dengan bahan bahan anti bakteri khusus lantai adaah caeraa terbaik untuk mempersempit gerak kuman dan telur cacing kremi untuk semakin berkembang biak. Jangan biarkan anak anak keluar rumah tanpa alas kaki agar perpindahan telur cacing yang terbawa dari luar lingkungan tidak beralih pada lantai. Lantai adalah media paling mudah untuk telur cacing kremi bermigrasi dan berkembang biak. Perpindahan telur cacing pada tubuh anak anak biasanya terjadi ketika anak anak bermain dan berinteraksi dengan lantai.
  8. Rajin mengkonsumsi buah semangka dan pepaya adalah kebiasaan yang baik, Karena kedua buah tersebut dapat menyehatkan sistem pencernaan yang biasanya paling sering diserang oleh sekumpulan cacing kremi. Agar cacing kremi mudah untuk dikeluarkan jika memang tubuh telah terinfeksi, maka makanlah semangka atau pepaya sesering anda bisa. kandungan vitamin A, lycopene dan serat yang tinggi dapat mengikat pergerakan cacing kremi dan mempermudah cacaing tersebut mengendap pada feses yang siap dikeluarkan.
  9. Bagi orang dewasa setidaknya yang telah berusaia 18 tahun, Membiasakan untuk makan sayur pare seminggu sekali adalah kebiasaan yang baik. Buah pare walaupun pahit rasanya tetapi memiliki kemampuan menyembuhkan penderita cacingan, khususnya cacing kremi. Buah pare mampu mencegah, memblokir pergerakan cacing, menghentikan dan menghancurkan pertumbuhann telur cacing kremi dan cacing kremi dewasa.

Demikian cara pencegahan cacing kremi agar tidak menular. Selalu awasi dan waspada bagi anda yang mempunyai balita untuk menjaga kebersihan terutama mencuci tangan setelah beraktifitas dan sebelum makan. Semoga ulasan diatas bermanfaat, salam sehat selalu. Baca Juga: Obat Tradisional Untuk Mengatasi Penyakit Cacingan [YuQe-WartaSolo.com]