Hati-hati Penularan Cacing Tambang, Bisa Mematikan. Cacing tambang menimbulkan lebih banyak penyakit serius jika disbanding dengan parasit lain. Di dalam kebanyakan bagian dunia, termasuk bagian Amerika Serikat, banyak terdapat penderita penyakit cacing tambang yang diderita oleh penduduknya. Di daerah seperti itu, kesehatan dan tenaga manusia rata-rata di bawah normal.

Cacing tambang kecil dan kursus, panjangnya kira-kira 8-13 mm. Cacing ini bermukim di dalam usus halus dimana mereka melekatkan diri pada lapisan usus dengan mulut bebentuk sangkutan. Mereka menusuk pembuluh darah dengan giginya yang tajam dan menghisap darah (cacing vampire).


Cacing betina menghasilkan telur-telur dalam jumlah yang besar. Telur-telur itu dikeluarkan manusia melalui tinja dan menetas diluar tubuhnya. Telur-telur itu menetas dan mengeluarkan janin di dalam tanah yang hangat dan lembab. Apabila kaki yang tidak beralas menyentuh tanah lembab yang mengandung cacing-cacing muda yang halus itu, cacing itu dengan cepat menembusi kulit kaki dan memasuki pembuluh darah, dan darah membawa mereka menuju ke dalam paru-paru.

Dari paru-paru cacing-cacing tambang yang masih muda itu memasuki saluran pernafasan dan terus ke dalam kerongkongan sehingga tertelan. Dengan cara ini mereka akhirnya memasuki usus halus dimana mereka mencapai kedewasaan. Apabila jumlah cacing itu kurang dari seratus, maka belum terlihat gejala. Tetapi kalau jumlahnya lebih dari lima ratus, maka lebih dari empat ribu ekor cacing terdapat dalam tubuh seorang.”

Satu-satunya cara untuk memastikan infeksi cacing tambang yaitu mencari telur-telurnya didalam tinja, tetapi dalam kebanyakan hal terluhatlah tanda-tanda yang nyata atau gejala-gejala. Melumuri kulit tangan dan kaki dengan tanah kotor mengakibatkan cacing-cacing halus menembusi kulit sehingga kulit itu terasa panas dan gata, kemudian timbullah luka-luka dan bisul berkerak pada kulit. ini disebut gatal tanah, gatal tambang, kaki gatal, ibu jari jkaki gata, gatal embun atau gatal air. Sementara parasit yang belum dewasa itu bergerak menuju paru-paru, penderita akan batuk-batuk, sakit kerongkongan dan dahaknya bercampur darah.

Sementara parasit itu bergantung pada dinding usus, dia bertumbuh menjadi dewasa dan timbullah gejala diantaranya menceret, perut gembung dan rasa tidak enak. Kemudian badan lemah , pucat, berat badan berkurang, kurang darah dan susah bernafas. Pada anak-anak yang sedang betumbh, perkembangan mental dan petumbuhan sangat lambat. Dalam hal jumlah cacing yang terlalu banyak, kaki akan membengkak, demikian juga tubuh, cairan akan betumpuk di dalam rongga perut. Penderita yang sudah mendapat gejala itu tidak dapat hidup lama kecuali cacing-cacing itu dikeluarkan dari dalam badannya.


Pencegahan penyakit cacing tambang begitu penting. Orang yang sudah ketularan harus ditolong untuk membuang cacing-cacing itu dari dalam ususnya dan kemudian dilanjutkan untuk mencegah infeksi berikut.

janganlah menjamah tanah yang telah ketularan cacing dan pakailah alas kaki di daerah panas. Yang paling utama yaitu membuang segala jenis kotoran manusia di dalam tempat tertutup agar tanah itu tidak ditulari cacing. Kakus-kakus modern atau yang dibangun menurut aturan kesehatan akan menolong membasmi penyakit cacing tambang.

Harus disebutkan disini satu penyakit yang disebabkan oleh pemindahan jentik-jentik cacing dari anjing atau kucing yang memiliki cacing tambang. Cacing ini menembusi kulit manusia dan berpindah-pindah di kulit itu sendiri, biasanya tidak menembus lebih dalam atau tidak bergerak lebih jauh dari beberapa inchi. Perpindahan itu menimbulkan rasa gatal yang sangat hebat dan luka-luka merah yang bertahan sampai beberapa bulan, tetapi cacing petualang itu akhirnya mati dan diserap oleh jaringan. Kalau jumlahnya sudah banyak, akibatnya sangat buruk, apalagi kalau daerah operasinya di bawah kulit, sang dokter harus menggunakan metode khusus untuk membasminya. Kalau cacing itu menyusup lebih dalam, tidak ada yang dapat dilakukan kecuali mengobati gejalanya dan menunggu saat kematian cacing-cacing itu.

Tips Yang harus anda lakukan untuk mengobati cacing tambang:

  1. Obat yang paling ampuh di antaranya adalah tetrachloroethyline, tetapi berbahaya memberikannya kepada pasien peminum alkohol atau mereka yang pencernaannya tergaggu, seperti sembelit parah, penyakit kerang darah yang perah atau penyakit hari. Sulit menentukan adanya penyakit tanpa pemeriksaan dokter walaupun keadaan pasien memberikan amaran. Dokterlah yang seharusnya mengawasi pengobatan. Mungkin dia akan memberikan jenis lain.
  2. Kalau Anda tidak dapat menghubungi dokter, gunakanlah piperazine seperti yang disarankan untuk mengobati infeksi askaris.

Semoga anda terhindar dari segala macam enyakit cacingan. Memang p[enyakit cacingan bisa menular kepada siapa saja dan usia berapapun namun anda bisa mencegahnya dengan pola hidup sehat selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, cuci tangan setelah beraktifitas dan sebelum makan. Salam sehat. Baca Juga: Cacing Kremi Menular Dengan Sangat Cepat [YuQe-WartaSolo.com]