Waspadai Cacing Kremi, Penularannya Sangat Cepat Dan Pengaruhnya Hebat



Penularan Cacing Kremi

Waspadai Cacing Kremi, Penularannya Sangat Cepat Dan Pengaruhnya Hebat. Cacing kremi merupakan parasit yang jika jantan berukuran 2 sampai 6 mm X 0,1 sampai 0,3 mm dan betina 9 sampai 14 mm X 0,3 sampai 0,5 mm yang terbukti dapat menginfeksi jaringan tubuh manusia, Khususnya pada sistem pencernaan manusia melalui telur telurnya. Penyakit cacing kremi dapat menyerang anak anak dan dewasa dengan cara penularan yang sangat cepat.

Penularan Cacing Kremi

  1. Cacing kremi dapat menular dengan cepat melalui air yang tidak bersih misalnya pada bak kamar mandi yang pernah atau telah dipakai oleh seseorang yang menderita cacing kremi. Jika penderita cacing kremi melakukan kegiatan menggaruk anus lalu langsung mengambil gayung maka kemungkinan telur telur cacing yang ada ditelapak tangan akan berpindah pada gayung dan air yang akan diambil.
  2. Seseorang yang telah menderita cacing kremi pada anusnya maka akan menderita gatal gatal. Kondisi tersebut membuat sipenderita akan menggaruknya. Aktifitas menggaruk garuk dapat mempermudah penyebaran telur telur cacing pada baju, celana, sprei tempat tidur, handuk dan lain lain yang jika tanpa sengaja tersentuh tangan orang lain maka akan terjadi perpindahan telur cacing dan resiko penularan.
  3. Lantai adalah media paling mudah untuk penyebaran dan penularan telur cacing kremi pada Anak anak yang suka bermain dan berinteraksi dengan benda atau mainan dilantai. Seorang anak menderita cacing kremi, ketika duduk atau menggaruk anusnya ketika gagal maka tanganya telah tercemari cacing kremi yang kemungkinan besar akan berpindah padaa lantai dan benda benda lain yang nantinya tersentuh oleh anak ank yang lain.
  4. Makanan dan minuman yang telah disentuh langsung oleh penderita cacing kremi yang tidak membersihkan tangannnya dengan sabun atiseptik setelah menggaruk anusnya karena gatal gatal, Maka akan menularkan telur cacing yang ada pada jari jarinya ke makanan dan minuman. Jika makanan dan minuman tersebut disantapa orang lain maka penularan tidak daapat dihindari.
  5. Seorang penderita cacing kremi yang memakai baju, handuk atau selimut secara bergantian dengan orang lain dan tanpa diketahui ada cacing atau telurnya yang menempel, Maka bisa dipastikan akan berpindah dan menularkan penyakitnya pada orang lain.

Infeksi yang disebabkan oleh telur cacing kremi dan cacing kremi dewasa pada sistem pencernaan dapat mengakibatkan masalah kesehatan tubuh yang bisa terjadi pada anak anak maupun dewasa, diantaramya adalah :

Insomnia

Jumlah cacing yang sudah banyak dan terus berkembang biak didalam usus dapat menyebabkan perut merasa mual mual dan perih secara berulang dan berkesinambungan sedangkan Aktifitas cacing yang tidak mau berhenti didalam anus dapat menyebabkan rasa gatal yang terus berkelanjutan. Kondisi tersebut selalu terjadi saat seseorang sedang ingin beristirahat. Kegiatan cacing kremi yang tidak berhenti menyebabkan Seseorang akan merasa kesulitan untuk tidur, Jika kondisi ini terus terjadi setiap hari maka akan menyebabkan seseorang terserang penyakit insomnia.

Berat badan berkurang

Anak anak atau orang dewasa yang terserang cacing kremi dan tidak segera mendapat pengobatan akan kehilangan nafsu makan yang akhirnya menyebabkan berat badan terus menurun. Hal ini disebabkan jaringan pencernaannya termasuk usus telah terjadi iritasi. Pada anak anak yang terserang cacing kremi selama berminggu minggu dapat menyebabkan tubuhnya semakin kurus dengan perut yang membuncit.

Baca juga : Makanan Penambah Berat Badan Anak

Radang pada saluran tuba

Aktifitas cacing kremi didalam tubuh dapat menyebabkan peradangan luka yang parah pada saluran tuba yang menyebabkan banyaknya cairan nanah mengendap dalam saluran tuba, Kondisi tersebut mempermudah bakteri lain bergabung dan sama sama berjalan kearah pembuluh getah bening dan akan menyebabkan pembengkakan.

Merusak dinding usus, Arteri jantung dan paru paru

Untuk pencegahan agar terhindar dari penularan cacing kremi yang tertelan lewat mulut sebaiknya mencuci tangan merupakan prioritas utama setelah dan sebelum melakukan aktifitas, Karena cacing yang telah masuk dalam usus halus dan lambung akan merusak dinding usus lalu menjalar kearah pembuluh darah dan akhirnya mengaklir kearteri jantung lalu kejaringan paru paru.

Pusing dan mual

Telur cacing kremi dan cacing kremi dewasa yang telah masuk pada sistem pencernaan akan menyebabkan iritasi dan peradangan yang semakin hari semakin parah diseputar pencernaan, Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang terserang mual mual yang di iringi muntah muntah. Jika kondisi tersebut dibiarkan saja tanpa adanya pengobatan dapat menyebabkan pusing kepala, Kondisi ini berhubungan dengan stres karena ketegangan saraf saraf bagian kepala.

Perkembangan tubuh anak terhambat

Tubuh anak anak yang terserang bahaya cacing kremi dan tidak segera mendapat pengobatan maka perkembangan tubuhnya akan terhambat misalnya tubuhnya lambat untuk tinggi, tidak bisa gemuk dan mudah merasa lelah serta tubuh sering merasa lemas dan lesu. Pada kasus tertentu anak anak yang terserang cacingan oleh cacing kremi selama berbulan bulan maka akan sering mengalami kesulitan belajar diantaranya sulit untuk mengingat sesuatu dan lambat dalam berfikir.

Radang usus buntu

Telur cacing dan cacing kremi dewasa dapat mengiritasi lalu membuat luka lebar pada umbai usus. Jika luka tersebut meradang dan menimbulkan usus menjadi pecah maka isi usus akan tumpah dan mencemari jaringan perut bagian bawah. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang menderita kesakitan pada perut pada bagian kanan.

Peradangan vagina

Seorang wanita yang menderita cacing kremi akan merasakan sekitar anus akan terasa gatal gatal terutama pada malam hari. Kondisi itu dapat menyebabkan seseorang tidak sadar untuk menggaruknya berulang ulang. Jika menggaruk lokasi gatal yang dipenuhi dengan cacing kremi menuju kelubang vagina maka bisa dipastikan cacing kremi atau telur cacing akan berpindah kearea vagina. Cacing yang ada pada vagina dapat menjadi penyebab gatal gatal dan peradangan yang bisa memicu kerusakan ringan pada dinding vagina dan akan menjadikan sesuatu yang fatal.

Demikian penularan cacing kremi saerta bahaya bagi yang terkena cacing kremi. Anda diharapkan lebih waspada terhadap anak serta keluarga selalu jaga kebersihan. Kebersihan meliputi kebersihan diri serta kebersihan lingkungan sekitar. Anda juga harus lebih peka bila tanda-tanda seseorang terkena cacing kremi ada pada anggota keluarga anda. Semoga ulasan diatas bermanfaat, salam sehat selalu. Baca Juga: Waspadai Cacingan Pada Anak Serta Pengobatannya [YuQe-WartaSolo.com]