Memilih Mainan Yang Bisa Merangsang Kecerdasan Anak Di Usia 6-12 Bulan



mainan untuk anak 6-12 bulan

Memilih Mainan Yang Bisa Merangsang Kecerdasan Anak Di Usia 6-12 Bulan. Salah satu manfaat bermain yaitu untuk merangsang motorik kasar dan halus seorang anak selain itu kecerdasan anak juga bisa terasah sejak usia dini. Dengan berbagai jenis mainan bisa membantu tumbuh kembang dan meningkatkan kemampuan motorik maupun kognitifnya.

Tapi, orangtua nggak boleh sembarangan membeli mainan. Pilihlah mainan yang memang sesuai dengan usianya. Karena setiap fase dari tumbuh kembang anak itu berbeda-beda. “Jadi, belilah mainan yang direkomendasikan. Mainan yang direkomendasikan merupakan mainan yang memang sesuai dengan usia dan bermanfaat untuk kebutuhan tumbuh kembangnya,” mainan hendaknya sesuai dengan tahap kembang anak dan aman untuk usia anak.


Baca Juga: Waspada Terhadap Pemberian Air Putih Pada Bayi

Bermain mobil mobilan saat merangkak mampu meningkatkan kemampuan motorik anak tapi ingat pilihlah mobil-mobilan yang aman untuk anak mulai dari bahan, warna yang mencolok dan komponen dalam mobil-mobilan yang besar (tidak kecil dan rumit). Misalnya shape shorting bus.

Selain itu, manfaat dari memberikan mainan ini anak belajar untuk melatih koordinasi mata dan tangan. Mengenal bentuk karena anak dirangsang mencari bentuk yang sesui untuk dicocokkan dan melatih akurasi posisi. Nggak hanya itu, denga mainan shape sorting bus, anak juga belajar konsep kehilangan sementara (objek perrmanen). Jadi, saat kamu meninggalkan anak ke toilet, anak nggak menangis, karena mereka tahu bahwa kehilangan yang dialami sifatnya hanya sementara

Penggunaan baby walker nggak disarankan oleh para pediatrik  karena faktanya baby walker tidak membantu anak untuk bisa belajar berjalan. Nah, kamu bisa membelikan mainan light and sound walker untuk membantu anak belajar bermain. Mainan ini untuk digunakan oleh bayi usia sembilan bulan hingga satu tahun. Dengan light and sound walker,  anak nggak hanya belajar berjalan tetapi juga mendorong, duduk, jongkok dan melatih jari tangan serta tentang memutar dan memasukkan objek.

Simak Juga: Manfaat Berenang Untuk Kecerdasan Bayi

Dengan mainan ini, anak belajar mengoordinasikan mata dan kaki saat berjalan. Selain itu juga kamu bisa melatih keseimbangan anak,  konsentrasi, merangsang anak belajar melompat dan melangkah. Kamu juga bisa mengajak anak untuk menghapal bentuk dari mainan fungky footprint ini.

Melalui permainan kemampuan anak akan terasah, namun jika mainan itu tepat untuk anak tetapi sebaliknya mainan juga bisa membuat anak bingung kalau mainan itu tidak sesuai dengan tahap perkembangannya. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Tahap Perkembangan Bayi usia 0-6 Bulan [YuQe-WartaSolo.com]