Mengenal Jenis Keju Yang Ada Di Indonesia Sesuai Kegunaannya



jenis keju yang ada di Indonesia

Mengenal Jenis Keju Yang Ada Di Indonesia Sesuai Kegunaannya. Keju terbuat dari bahan baku susu, baik itu susu sapi, kambing atau kerbau. Keju sendiri berasal dari wilayah Timur Tengah, lebih tepatnya di wilayah sekitar perbatasan antara Irak, Syria dan Turki pada masa sekarang. Bukti tertulis tentang kapan persisnya keju mulai dibuat manusia sampai saat ini tidak ditemukan. Namun, sebagian sejarawan meyakini bahwa keju sudah dikonsumsi manusia sejak 8.000 tahun yang lalu.

Keju ditemukan secara tidak sengaja. Susu yang terlalu lama disimpan dalam kantong-kantong yang terbuat dari lambung domba atau hewan ternak lain yang dikeringkan dan terkena matahari langsung berubah menjadi air yang pucat dan gumpalan-gumpalan putih, serta mengubah susu tersebut menjadi keju yang dikenal saat ini. Bahkan sekarang hampir semua orang menggunakan keju untuk tambahan dalam makanan.

Ada banyak jenis keju yang beredar di pasaran, tetapi hanya beberapa jenis saja yang dikenal oleh masyarakat Indonesia dan banyak dijual dipasaran, diantaranya:

Keju Cheddar

Keju cheddar yaitu jenis keju yang umum dikenal. Namanya diambil dari daerah tempat jenis keju ini dibuat, yaitu desa Cheddar di Somerset, Inggris. Keju ini sangat popular di dunia, di Indonesia pun keju ini paling sering digunakan untuk membuat kue, roti dan juga untuk pelengkap sarapan.

Keju Mozzarella

Keju ini pasti juga sering dijumpai dan sering digunakan untuk memasak. Keju ini berasal dari negara Italia.  Dinamai Mozzarella karena proses pembuatannya keju ini diputar-putar dan dipotong (mozzare). Teksturnya lembut dan mudah dibentuksesuai keinginan, tapi ada juga yang agak padat dan biasanya berwarna putih atau kekuningan. keju ini biasa digunakan sebagai toping untuk membuat pizza, pasta panggang, macaroni schotel, dan macam-macam makanan panggang lainnya karena keju ini akan meleleh dan menciptakan rasa yang nikmat.

Keju Parmesan

Keju Parmesan berasal dari kota Parma, Italia. Keju ini dijual dalam beberapa bentuk, biasanya dalam bentuk padat dan ada yang sudah duparut seperti bubuk. Texturnya padat dan agak keras karenan proses pemeramannya cukup lama, bisa bertahun-tahun dan yang pasti aromanya berbeda dengan keju Mozzarella, keju parmesan memiliki aroma yang begitu kuat.  Biasanya keju ini digunakan untuk taburan dalam pasta, pizza, spageti, macaroni dan juga dicampurkan dengan keju mozzarella yang aromanya kurang kuat.

Demikian beberapa macam keju yang banyak dijual di Indonesia, keju memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh terutama bila dikonsumsi oleh bayi maupun ibu hamil. keju juga bisa mencegah berbagai penyakit tulang seperti Ricket serta osteoporosis. Keju mengandung protein, vitamin, mineral dan laktosa. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Manfaat Keju Untuk Bayi Yang Sedang Dalam Masa Pertumbuhan [YuQe-WartaSolo.com]