Manfaat Berpuasa Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh



manfaat berpuasa untuk kesehatan

Manfaat Berpuasa Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh. banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa puasa Ramadhan sangat bagus untuk kesehatan tubuh, dan tidak ditemukan efek yang merugikan saat seseorang menjalani puasa Ramadhan baik pada jantung, paru, hati, ginjal, mata maupun organ yang lainnya.

Manfaat puasa Ramadhan yang tidak disangka-sangka dikemukakan oleh para ilmuwan. Para ilmuwan takjub dengan berkah yang didapat seseorang dengan melakukan puasa. Meskipun bagi sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu tidak dianjurkan untuk berpuasa. Dengan berpuasa tubuh akan kembali direfresh ulang artinya toksin yang ada dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat dan air mani.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat muslim. Saat itu, dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmah. Semua umat muslim yang sehat dan sudah akil balik diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Meskipun untuk sebagian orang ibadah puasa cukup berat, tetapi terdapat keistimewaan untuk mendapatkan hikmah dari Allah berupa kebahagian, pahala berlipat, dan bahkan suatu muhjizat dalam kesehatan.

Allah berjanji akan memberikan berkah kepada orang yang berpuasa. Seperti ditegaskan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu’aim: “Berpuasalah maka kamu akan sehat.” Dengan berpuasa, akan diperoleh manfaat secara biopsikososial berupa sehat jasmani, rohani dan sosial. Rahasia kesehatan yang dijanjikan dalam berpuasa inilah yang menjadi daya tarik ilmuwan untuk meneliti berbagai aspek kesehatan puasa secara psikobiologis, imunopatofisilogis dan biomolekular.

Para pakar nutrisi dunia mendefinisikan puasa atau kelaparan (starvasi) sebagai pantangan mengkonsumsi nutrisi baik secara total atau sebagian dalam jangka panjang atau jangka pendek. Namun berbeda antara puasa dan kelaparan, ada nuilai tersendiri saat puasa. Saat puasa seseorang tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja namun mampu mengendalikan emosi, nafsu mulai terbit fajar hingga terbenam matahari dengan disertai niat. Sehingga puasa memiliki perbedaan dibandingkan starvasi biasa.

Berikut manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang sangat luar biasa

Keseimbangan anabolisme dan katabolisme

Dengan berpuasa akan terjadi peremajaan sel dan komponennya memproduksi glukosa darah dan mensuplai asam amino dalam darah sepanjang hari. Cadangan protein yang cukup dalam hati karena asupan nutrisi saat buka dan sahur akan tetap dapat menciptakan kondisi tubuh untuk terus memproduksi protein esensial lainnya seperti albumin, globulin dan fibrinogen.

Tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah

Saat berpuasa asam amino teroksidasi dengan pelan dan zat keton tidak meningkat dalam darah sehingga tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah.

Tidak berpengaruh pada sel darah manusia

Puasa pada penderita diabetes tipe 2 tidak berpengaruh

Puasa ramadhan pada penderita diabetes tipe 2 tidak mempengaruhi kesehatan perbedaan protein gula, protein glikosilat dan hemoglobin glikosilat masih sama. Namun pada penderita diabetes tipe tertentu sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter bila hendak berpuasa.

Pengaruh pada Ibu hamil dan menyusui

Pada ibu menyusui dan hamil aman bila mau melakukan puasa Ramadhan karena tidak terdapat perbedaan kadar glukosa serum, asam lemak bebas, trigliserol, keton, beta hidroksi butirat, alanin, insulin, glucagon dan hormon tiroksin. Namun demi keamanan janin sebaiknya konsultasikan kondisi anda dengan dokter.

Pengaruh pada janin saat ibu hami berpuasa

Bagi ibu hamil yang melakukan puasa tidak akan terjadi pengaruh dengan janin. Kebutuhan nutrisi janin akan tetap terpenuhi saat buka dan sahur.

Penurunan glukosa dan berat badan

Pengaruh pada fungsi kelenjar gondok

Pengaruh pada hormon virgisteron

Bermanfaat Bagi Jantung

Memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerja sel

Dalam keadaan puasa ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bermanfaat dalam pembentukan sperma

Memperbaiki kondisi mental secara bermakna

Peningkatan komunikasi psikososial baik dengan Allah dan sesama manusia

Jadi bagi anda yang ingin melakukan puasa Ramadhan jangan ragu dengan kesehatan anda. Karena puasa Ramadhan memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh anda. Lakukan puasa Ramadhan dengan ikhlas agar anda dapat memetih hikmah yang ada didalamnya.semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Sehat Selama Bulan Puasa, Ikuti Tips Jitunya [YuQe-WartaSolo.com]