Gejala Awal Gula Kering Yang Harus Diwaspadai



Gejala Awal Gula Kering Yang Harus Diwaspadai

Gejala Awal Gula Kering Yang Harus Diwaspadai. Penyakit gula disebut juga penyakit diabetes. Penyakit gula merupakan penyakit yang diakibatkan karena kadar gula dalm darah yang tinggi atau diatas normal. Penyakit gula tidak hanya menyerang orang yang lanjut usia saja namun anak-anak dan remaja pada usia produktif juga rentan terhadap penyakit gula.

Ada 3 kategori penyakit gula/ diabetes yaitu penyakit diabetes tip 1, penyakit diabetes tipe 2 serta penyakit diabetes gestastional. Diabetes tipe 1 diakibatkan karena tidak ada atau rusaknya insulin pada tubuh, Diabetes tie 2 diakibakan oleh kebalnya hormon insulin dlam tubuh sehigga tidak bsa merasakan gula darah tinggi. Sedangkan gula darah gestastional yaitu penyakit gula yang dialami oleh wanita hamil.

Dalam penyakit diabetes ada istilah gula kering dan gula basah. Gula kering merupakan salah satu bentuk fase awal dari diabetes tipe 2. Penderita gula kering ini karena insulin pada tubuh sudah mulai kebal yang mengakibatkan gula yang masuk kedalam tubuh tidak bisa dikonversikan menjadi gula otot atau glikogen.

Gejala Awal Gula Kering Yang Harus Diwaspadai

Anda perlu mengatahui gjala awal terjadinya gula kering dalam tubuh, tujuannya untuk mengantisipadi terjadinya penyakit gula. Tanda atau gejala gula kering antara lain:

  • Rasa lapar yang semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena glukosa darah yang terus dikeluarkan dan tidak disalurkan pada sel-sel tubuh.
  • Peningkatan dari rasa haus dan juga seringnya mengalami buang air kecil. Penyebabnya adalah akibat pembuangan dari glukosa serta air ke dalam urin dengan trus menerus dan tidak mengalami proses penyaringan yang normal.
  • Mulut kering akibat dari mengalami dehidrasi
  • Bau mulut. Penyebabnya adalah karena adanya suatu pembentukan keton atau zat ang baunya mirip seperti buah-buahan. Dan hal ini adalah sebagai suatu hasil dari proses pembakaran lemak dengan aseton sebagai suatu sumber energi.
  • Penglihatan mulai abur
  • Hal ini diakibatkan karena kadar gula darah tinggi yang bisa menyebabkan perubahan pada lensa mata
  • Pegal pada otot akibat mengalami dehidrasi
  • Sensitif penyebabnya adalah karena fluktuasi gula darah yang bisa mengakibatkan suasana hati menjadi berubah-ubah.
  • Sakit kepala karena masalah gula darah tinggi, penglihatan yang kabur, dan akibat tekanan darah tinggi
  • Mengalami gatal-gatal akibat dari kadar gula darah tinggi
  • Berat badan yang mengalami penurunan secara drastis akibat dari proses pembakaran lemak yang terjadi secara terus menerus.

Simak Juga:

Untuk menjaga terjadinya penyakit gula sebaiknya jaga kualitas makan, serta pola hidup sehat. Budayakan olahraga teratur seiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]