Cara Menjaga Kesehatan Mata Mudah Secara Alami Dengan Biaya Murah. Informasi kesehatan seputar tips dan cara mudah menjafa kesehatan mata Anda dan keluarga. Apakah anda mempunyai permasalah dengan mata dan cari tahu pula tentang riwayat kesehatan mata keluarga. Bagi Anda yang mempunyai keluhan mata kami sarankan untuk melakukan cek-up supaya tidak berkelanjutan dan bisa di obati serta diatasai sejak dini.

Cara mudah menjaga kesehatan mata secara alami sebenarnya simpel untuk dilakukan bahkan tanpa biaya tinggi. Mata merupakan alat indra berbentuk bola yang menjadi salah satu organ yang dapat membantu anda melihat dan mempersepsi suatu hal. Melalui mata anda bisa mendapatkan informasi suatu warna dan benda, bagaiman bentuknya, atau bisa juga melihat siapa orang – orang yang berada di sekitar anda.


Mata mempunyai fungsi yang sangat vital bagi anda. Berbagai penelitian telah menunjukkan jika vitamin C dan E, zinc, lutein, asam lemak omega-3 bisa membantu menangkal masalah mata ketika usia semakin menua seperti katarak dan degenerasi makula mata. Beberapa saran dari dunia kesehatan untuk banyak-banyaklahmengkonsumsi sayur-sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata. Mungkin anda perlu juga menambah pola hidup yang sehat supaya mendapatkan hasil lebih maksimal.

Baca Juga: Cara Mengobati dan Mengatasi Alergi dengan Cepat dan Mudah

Nah, yang sering kita lakukan dalam keggiatan sehari-hari adalah efek berbahaya sinar ultraviolet matahari, mata juga perlu mendapatkan perhatian. Bahkan jika mata terlalu sering terjemur sinar ultraviolet dapat menyebabkan katarak, penyakit makula degenerasi, kornea terbakar, dan bahkan kanker kelopak mata.Pakar mata menyampaikan untuk memakai kacamata yang dapat memblokir sinar UVA dan UVB atau memakai topi ketika berjalan-jalan di siang hari.

Sebelum kita mencari tahu cara menjaga mata supaya sehat kita lihat dulu beberapa kelainan pada mata yang sering dialami manusia:

  • Kebutaan
  • Rabun jauh
  • Rabun dekat
  • Silindris
  • Katarak
  • Buta warna

Cara Menjaga Kesehatan Mata Mudah Secara Alami Tanpa Biaya

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjada mata supaya tetap sehat dengan biaya yang murah.

1.Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat Dan Bernutrisi

Dibawah ini adalah nutrisi yang harus Anda penuhi jika menginginkan mata sehat yang terdapat pada buah dan sayuran.

  1. Omega 3
  2. Vitamin A
  3. Vitamin C
  4. Vitamin E
  5. Zinc
  6. Lutein

Lalu jenis makanan yang bisa anda konsumsi, kandungan nutrisi di atas dapat membantu kesehatan mata, dan mengurangi resiko terkena penyakit pada mata anda.:

  1. Sayuran berdaun hijau
  2. Ikan
  3. Telur
  4. Kacang – kacangan
  5. Kelompok buah jeruk

2. Tidak Merokok

Mengapa merokok bisa menyebabkan sakit mata, karena rokok mandungan racun yang terdapat di dalam rokok maka anda berpotensi untuk mengalami :

  • Katarak
  • Kerusakan saraf penglihatan
  • Degenerasi

3. Lakukan pemeriksaan ke dokter mata secara rutin

Mungkin anda yang belum tahu jika beberapa penyakit atau gangguan pada mata membutuhkan pertolongan serius dari dokter mata. Terutama apabila umur Anda sudah menginjak umur lebih dari 40 tahun. Hal ini harus ditempuh, terutama apabila merasakan adanya rasa gatal, pembengkakan, iritasi dan mata merah, penglihatan yang menjadi lebih buram, penglihatan kabur, sulit membedakan warna.

4. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan ternyata sangat penting untuk kesehatan mata. Mengapaa? Karena dengan terjaganya berat badan, maka anda akan terhindar dari penyakit diabetes. Diabetes memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan mata, yang akan menimbulkan gangguan mata dan kebutaan.

5. Tidur dengan teratur

6. Hindari mengucek mata

Biasanya penyebab mata yang tidak disangka-sangka yakni ketika mata anda terasa gatal dan perih, biasanya anda akan refleks untuk mengucek mata anda. hal ini boleh dilakukan, tapi jangan terlalu sering, karena dapat menimbulkan iritasi yang berbahaya bagi mata anda. mengucek mata dapat menyebabkan mata memerah, pendarahan dan iritasi pada mata.

7. Jaga jarak mata anda dengan televisi dan layar

8. Gunakan pelindung layar LCD

9. Jangan membaca sambil tidur

10.Jangan membaca dalam gelap

Demikianlah informasi singkat yang membahas seputar Cara Menjaga Kesehatan Mata Mudah Secara Alami Dengan Biaya Murah. Semoga bermafaat bagi Anda dan masa depan mata. [Muvus Prasetyo – WartaSolo.com]