Puasa Ramadhan Bisa Menyembuhkan Penyakit Maag



puasa bagi penderita maag

Puasa Ramadhan Bisa Menyembuhkan Penyakit Maag. Benarkan puasa Ramadhan dapat menyembuhkan penyakit maag? Banyak pertanyaan yang menghantui penderita sakit maag yang akan melaksanakan puasa Ramadhan, malah mereka enggan berpuasa karena dihantui perasaan takut. takut maagnya kambuh lagi, takut penyakitnya semakin parah. Justru pada beberapa kasus penderita sakit maag dan melaksanakan puasa Ramadhan pencernaannya menjadi sehat dan mereka tidak membutuhkan obat-obatan lagi.

Ada beberapa pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa dengan berpuasa diminggu pertama keadaan asam lambung akan naik setelah siang hari dan kadang-kadang ini akan menimbulkan rasa perih. Namun keadaan tersebut akan berangsur membaik dalam minggu kedua. Dan peningkatan asam lambung tersebut tidak akan merusak dinding lambung bagi anda yang menjalankan puasa.

Beberapa dokter memperbolehkan penderita sakit maag menjalankan puasa Ramadhan asalkan sakit maag yang diderita sebatas gangguan fungsional saja. Gangguan fungsional yang dimaksud adalah makan secara tidak teratus, makan makanan pedas sepanjang hari.

Dengan melakukan puasa pola makan seseorang menjadi lebih teratur. Dengan pola makan yang teratur pada saat buka dan sahur bagi penderita maag sebatas gangguan fungsional malah akan sembuh. Berikut beberapa tips bagi penderita maag untuk tetap sehat selama puasa Ramadhan.

Simak: Olah Raga Yang Aman Saat Berpuasa

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, di antaranya kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu full cream.
  • Hindari mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat seperti beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong, dan dodol.
  • Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung di antaranya mengandung cuka, pedas, merica, dan bumbu yang merangsang lainnya.
  • Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
  • Hindari makanan yang mengandung gas, merangsang pengeluaran asam lambung seperti makanan berlemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, dan minuman yang mengandung soda.
  • Hindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung antara lain kue tart dan keju.

Demikian tadi ulasan mengenai penyakit maag yang berpuasa Ramadhan. Selagi anda yakin  pasti semua bisa anda lewati dengan lancar. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan membatu anda yang sedang mencari informasi seputar penyakit maag yang menjalani puasa Ramadhan. Baca Juga: Tips Sehat Saat Berpuasa [YuQe-WartaSolo.com]