Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa. Berpuasa dipercaya memiliki manfaat yang begitu banyak bagi tubuh dan kesehatan. Akan tetapi, satu hal yang sering menjadi masalah saat puasa yaitu bau mulut, alias aroma tidak sedap yang keluar dari mulut. Bau mulut bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang dan, yang terpenting, mengganggu orang di sekitar Anda. Ketidaknyamanan orang disekitar membuat seseorang mencari solusi tepat untuk menghindari bau mulut saat puasa.

Sebenarnya bau mulut disebabkan oleh bakteri tertentu yang hidup di rongga mulut, yang memecah dan menghancurkan sisa-sisa makanan menjadi gas yang beraroma tidak sedap atau senyawa sulfur yang mudah menguap. Napas tidak sedap bisa berasal dari buruknya higienitas (kebersihan) mulut, mulut kering, merokok, makanan & minuman tertentu, beberapa penyakit tertentu, hingga penggunaan obat-obatan.


Saat berpuasa getah lambung tetap bekerja walaupun tidak ada makanan yang dicerna, dan terbentuknya keton dari pembakaran lemak oleh tubuh, yang baunya bisa mencapai rongga mulut. Namun sebagian besar bau mulut disebabkan karena kurangnya higeinitas rongga mulut, mulut kering, gigi berlubang yang menjadi sarang bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Selain itu, karena tidak makan dan minum, produksi saliva (air liur) di mulut menjadi berkurang dan menyebabkan mulut kering. Tanpa cairan-alami-pembasmi-bakteri ini, lidah dan langit-langit mulut menjadi sarang berkembang-biaknya bakteri, dan menyebabkan bau tidak sedap keluar dari mulut Anda. Dan akan terasa apabila sedang berbicara. Sehingga hal tersebut membuat seseorang kurang PD dengan kondisinya.

Baca Juga: Tampil PD Tanpa Bau Mulut

Berikut tips sehat bebas dari bau mulut saat puasa yang bisa anda praktekkan untuk mengurangi bau mulut anda dan membuat anda tampil lebih percaya diri.

Menyikat gigi

Untuk menjaga kebersihan mulut sepanjang hari dibulan Ramadhan setidaknya anda perlu menyikat gigi dua kali yaitu pada saat setelah makan sahur dan malam sebelum tidur. Kebiasaan menyikat  setelah makan sahur terbukti ampuh atasi bau mulut karena sisa makanan yang menempel digigi langsung dibersihkan sehingga bakteri tidak berkembang dimulut.

Membersihkan lidah

Lidah merupakan  sarangnya bakteri di mulut. Kerena itu, jangan lupa bersihkan lidah Anda. Ini bisa Anda lakukan menggunakan alat/sikat khusus pembersih lidah. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan bagian sikat yang lembut dari sikat gigi Anda. Gosok permukaan lidah dengan lembut untuk membersihkan plak dan bakteri yang menempel di lidah Anda setelah makan sahur. Anda bisa membedakan antara lidah yang bersih dan lidah yang berwarna putih.

Menggunakan cairan pembersih mulut

Setelah anda menyikat gigi anda bisa menggunakan cairan mouthwash hal tersebut bertujuan untuk melawan bakteri dan membuat nafas menjadi segar, mencegah bau mulut, Minum banyak air di luar waktu puasa untuk menjaga hidrasi tubuh

Minum banyak air

Diluar waktu puasa, misalnya saat sahur dan setelah berbuka, minumlah air yang cukup. Minumlah segelas setiap beberapa jam antara waktu setelah berbuka hingga makan sahur Anda. Ini untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh Anda tetap baik, dan membantu mencegah bau mulut ketika Anda berpuasa di siang hari.

Berkumur di siang hari

Anda bisa berkumur di siang hari (selama tidak ada air yang ditelan dengan sengaja) untuk mengatasi mulut kering. Untungnya, Anda bisa melakukannya ketika ber-wudhu sebelum melaksanakan shalat (Zhuhur dan Ashar). Hal ini sangat membantu untuk mangatasi mulut yang kering, yang merupakan utama bau mulut ketika sedang berpuasa.

Hindari beberapa makanan tertentu

Ya. Anda bisa mencegah bau mulut ketika sedang berpuasa dengan menghindari beberapa makanan khusus yang bisa menyebabkan bau mulut. Di antaranya adalah bawang (khususnya bawang mentah), rempah-rempah beraroma tajam, pete dan jengkol, serta makanan yang pedas (makanan pedas membuat mulut menjadi kering). Sebenarnya makanan tersebut mempunyai banyak manfaat bagi tubuh namun konsumsi pada saat puasa akan membuat bau mulut yang menyengat.

Konsumsi buah dan sayuran segar

Mengkonsumsi buah dan sayuran segar bisa membantu melawan bau mulut. Beberapa yang patut dicoba adalah buah apel, semangka, pisang, pir, hingga kemangi, peterseli, teh hijau, dan daun pepermint. Buha dan sayur juga sangat bagus untuk kesehatan

Demikian tadi cara mencegah bau mulut saat berpuasa, perbanyak konsumsi buah dan sayur serta air putih agar terhindar dari bau mulut yang menyangat saat berpuasa selain itu jaga kebersihan mulut. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Tips Sehat Saat Berpuasa Ramadhan Saat Hamil [YQ-WartaSolo.com]