Tampil PD Tanpa Bau Mulut

tampil pd tanpa bau mulut

Tampil PD Tanpa Bau Mulut. Bau mulut adalah suatu kondisi dimana mulut anda mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat. Akibatnya, orang-orang yang berada didekat anda akan merasa tidak nyaman dan terganggu oleh bau yang keluar dari mulut anda, misalnya ketika anda berbicara dengan mereka atau berada didekatnyapun bau tersebut sudah bisa tercium. Sehingga tentu saja akan membuat anda merasa tidak percaya diri. Sebelum kita membahas bagaimana cara mencegah dan menghilangkan bau mulut, yuk kita simak beberapa penyebab bau mulut berikut ini

Penyebab Bau Mulut

Tahukah anda, bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kurang Menjaga Kebersihkan Mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah pola hidup anda yang kurang sehat seperti malas menggosok gigi secara rutin, setiap sehabis makan dan malam hari, akibatnya kebersihan mulut anda tidak terjaga, banyak sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut anda hingga terbawa tidur dan membusuk dimulut anda. Sehingga ketika dipagi hari saat anda bangun tidur, mulut anda akan mengelurkan bau tak sedap.

  1. Memakan Jengkol dan Petai (Makanan dengan Bau Tak Sedap)

Penyebab bau mulut selanjutnya adalah karena memakan makanan yang berbau tak sedap seperti jengkol, petai dsb. Mungkin bagi sebagian orang jengkol wajib menghindari jengkol, namun bagi sebagain orang juga, makanan tersebut adalah makanan yang sangat lezat walaupun dapat membuat nafas menjadi bau.

  1. Merokok

Semua orang pasti tahu benda yang satu ini, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Selama ini kita mengetahui bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit-penyakit ganas seperti kanker, gangguan kehamilan dan lain sebagainya. Namun ternyata rokok juga merupakan salah satu penyebab bau mulut, berhentilah merokok bila tidak ingin bau mulut.

  1. Sariawan

Saya yakin anda pasti pernah merasakan bagaimana sakitnya saat mulut anda terkena sariawan. Biasanya kita akan melihat benjolan berisi nanah pada mulut kita. Benjolan tersebut disebabkan karena adanya infeksi pada mulut kita dan hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab bau mulut.

  1. Lupa Sarapan Pagi

Lupa sarapan pagi ternyata menjadi salah satu penyebab bau mulut. Pada mulut kita ada yang namanya bakteri penyebab bau mulut. Bakteri tersebut bisa mati oleh air liur yang diproduksi oleh mulut kita sendiri. Pada saat kita lupa sarapan pagi, otomatis perut kita dalam keadaan kosong, dan hal terebut menyebabkan produksi air liur kita menjadi berkurang, akibatnya mulut kita menjadi bau, karena bakteri penyebab bau mulut tadi, berkeliaran dimulut kita.

  1. Ada Gigi yang Berlubang

Bau mulut juga dapat disebabkan karena adanya salah satu gigi anda yang berlubang. Jadi, mulai dari sekarang rajin-rajinlah membersihkan mulut anda salah satunya dengan menggosok gigi, agar kesehatan gigi anda tetap terjaga.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Ulasan diatas sudah menjelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan bau mulut. Sekarang saya akan berbagi tips jitu untuk mencegah dan mengatasi bau mulut secara cepat dan alami. Berikut beberapa tips ampuh untuk menghilangkan bau mulut :

  1. Menjaga Kebersihan Mulut

Tadi saya sudah menjelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan mulut kita menjadi bau, dan hampir semuanya berkaitan dengan kebersihan mulut. Jadi, agar kita terhindar dari bau mulut, sebaiknya anda harus rajin membersihkan mulut anda, seperti dengan rajin menggosok gigi 2x sehari (bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari),atau  jika perlu anda bisa menggosok gigi setiap kali sehabis anda makan.

  1. Kurangi Makan Makanan yang Berbau Tak Sedap

Jika sebelumnya anda suka sekali dengan makanan yang baunya menyengat seperti jengkol dan petai, mungkin mulai dari sekarang anda harus mulai menguranginya. Terlebih lagi jika anda akan datang ke suatu acara seperti rapat, pesta dsb. Bau petai yang sangat menyengat tidak hanya membuat nafas anda bau tapi juga air kencing kita baunya akan menyengat.

  1. STOP Merokok Sekarang Juga!

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, bahwa salah satu penyabab bau mulut adalah merokok, jadi jika anda ingin terhindar dari bau mulut, mulai sekarang berhentilah merokok, ganti rokok anda dengan yang lain, misalnya perment karet, cokat ataupun yang lainnya. Dengan begitu, selain terhindar dari bau mulut, anda juga akan terhindar dari penyakit ganas lainnya yang disebabkan oleh rokok dan hidup anda jadi lebih sehat.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah-buahan

Jika bau pada mulut anda disebabkan oleh sariawan, maka langkah tepat yang dapat kita lakukan adalah memperbanyak makan buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Seperti yang telah kita ketahui, salah satu penyebab terjadinya sariawan adalah karena kekurangan vitamin C, dan vitamin C bisa kita dapatkan dari buah-buahan.

  1. Jangan Lupa Sarapan Pagi

Selain dapat mencegah masuk angin dan menambah esiapan menyongsong hari, sarapan pagi juga dapat mencegah timbulnya bau mulut, karena dengan sarapan pagi, bakteri penyebab bau mulut yang ada dimulut kita akan mati karena produksi air liur dalam mulut meningkat.

  1. Jaga Kesehatan Gigi

Jika bau pada mulut anda disebabkan oleh gigi berlubang, anda bisa mengunjungi dokter gigi, anda bisa menambal gigi tersebut atau bahkan mencabut gigi berlubang tersebut. Selalu jaga kesehatan gigi anda.

  1. Makan Beras

Orang-orang dulu percaya bahwa bau mulut dapat dihilangkan dengan memakan beras mentah (bukan nasi). Makannya orang dulu, jika selesai makan jengkol ataupun petai, biasanya langsung makan beras.

  1. Kopi Hitam

Kopi hitam yang baru ditumbuk, dipercaya dapat mengatasi bau mulut. Caranya, ambil satu sendok kopi hitam yang baru ditumbuk, kemudian langsung makan. Walaupun rasanya pahit, tapi kopi hitam ampuh untuk mengusir bau mulut.

  1. Berkumur

Saat mulut anda mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat, anda bisa berkumur. Anda bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih, moutwash (antiseptik), atau bila ingin lebih ekonomis bisa juga dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam.

  1. Mengunyah Permen Karet

Lho kok ngunyah perment karet? Emang apa hubungannya mas bro? begini lho, kan tadi sudah dijelaskan, dalam mulut kita ada yang namanya bakteri penyebab bau mulut yang akan mati oleh air liur yang dihasilkan oleh mulut. Jadi tujuan mengunyah perment karet adalah untuk merangsang produksi air liur pada mulut. Faham? hehe

  1. Susu Kental Manis

Hmm, siapa sih yang gak tahu susu, selain enak susu juga menjadi sumber kalsium. Ternyata selain tinggi kalsium susu juga ampuh untuk mengatasi bau mulut. Caranya campurkan susu kental manis tdi dengan satu gelas air hangat, kemudian diminum.

Ulasan diatas merupakan penyebab dan cara mengatasi bau mulut, bagi anda yang mengalami masalah tersebut bisa menerapkan beberapa tips diatas. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi pembaca. [Yuni – WartaSolo.com]