Cara Cepat Hilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya

Cara Cepat Hilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya


Cara Cepat Hilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya. Sebagian orang bahkan mengalami alergi kulit seperti jerawat dan kulit gatal akibat paparan ketombe pada kulit wajah. Terdapat berbagai produk seperti shampo hingga lotion yang mengklaim bisa memecahkan masalah ketombe.

Namun sebelum mencoba perawatan kimia, terdapat cara alami untuk mengatasi masalah ketombe di kulit kepala. Karena perawatan kimia akan mengakibatkan beberapa efek bagi kulit kepala termasuk iritasi. Sebelum mengetahui cara menghilangkan ketombe menggunakan lidah buaya, berikut adalah beberapa manfaat tanaman ini:


  • Memiliki sifat antibakteri dan antijamur.
  • Membantu penyembuhan luka dan memiliki sifat antiseptik.
  • Memiliki sifat melembabkan dan membantu mencegah kulit dari kekeringan.
  • Mengurangi pigmentasi dan bekas luka dengan menghilangkan sel-sel kulit mati.
  • Efektif membersihkan darah.
  • Berguna meningkatkan produksi insulin oleh pankreas.

Lidah Buaya untuk Mengatasi Ketombe

Ketombe umumnya disebabkan oleh infeksi jamur yang mempengaruhi kulit kepala. Kondisi ini disebabkan oleh jamur Malassezia yang memetabolisme sebum pada kulit kepala untuk memproduksi asam oleat. Asam oleat dapat menyebabkan peradangan dan akibatnya mematikan sel-sel kulit. Karena memiliki sifat antijamur, lidah buaya bisa digunakan sebagai herbal alami untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala.

Berikut merupakan beberapa metode menghilangkan ketombe menggunakan lidah buaya dan bahan lain.

Baca Juga:

Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Manfaat Kemiri Untuk Kecantikan, Kesehatan Dan Rambut

Gel Lidah Buaya

Anda bisa memanfaatkan ekstrak aloe vera alami atau menggunakan gel yang tersedia secara komersial sebagai gantinya.

  • Iris sepotong daun lidah buaya di tengah. Peras gelnya dan usapkan langsung ke kulit kepala.
  • Pijat dan pastikan semua kulit kepala terolesi merata dengan gel lidah buaya.
  • Biarkan gel selama sekitar 45 menit sampai satu jam, setelah itu cuci kulit kepala dengan air dingin.
  • Jangan gunakan sampo untuk membersihkan rambut setelah menggunakan lidah buaya. Anda dapat mengulangi prosedur ini 2-3 kali dalam seminggu.
  • Saat tidak melakukan terapi, keramaslah dengan shampo ringan, disarankan yang herbal.

Minyak Kayu Putih dan Lidah Buaya

Kayu putih dikenal memiliki sifat penyembuhan, termasuk efektif melawan ketombe. Anda bisa mencampur minyak kayu putih dengan ekstrak atau gel lidah buaya segar untuk membuat pasta. Terapkan pasta dan pijat kulit kepala dengan lembut. Biarkan pasta tetap di kulit kepala selama sekitar satu jam dan kemudian cuci dengan air biasa.

Minyak Pohon Teh dan Lidah Buaya

Minyak pohon teh (tea tree oil) dikenal efektif mengatasi ketombe. Sifat obat minyak pohon teh dikenal mampu membunuh jamur, bakteri, bahkan infeksi virus. Campurkan beberapa tetes minyak ini dengan gel lidah buaya. Jangan gunakan minyak pohon teh secara langsung pada kulit karena sifatnya yang kuat dan akan memicu sensasi menyengat seperti terbakar. Gunakan kombinasi herbal ini 3 kali seminggu. Pijat dan diamkan selama satu jam di kulit kepala sebelum membersihkannya dengan air biasa.

Lemon dan Lidah Buaya

Lemon juga dikenal memiliki kemampuan melawan ketombe secara efektif. Campur gel lidah buaya dengan sari dari setengah lemon. Terapkan ramuan ini ke kulit kepala. Jika terasa terlalu keras, Anda dapat mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun atau yoghurt. Lemon sangat cocok jika kondidi rambut anda berminyak. Yogurt juga terbukti bermanfaat mencegah ketombe karena mampu meringankan infeksi jamur. Biarkan ramuan tetap berada di kulit kepala selama satu jam. Setelah itu, Anda dapat mencucinya dengan shampo ringan.

Namun, jika hanya menggunakan lidah buaya dan lemon maka Anda cukup mencucinya dengan air biasa. Cukup mudah kan…selalu jaga kesehatan kulit kepala untuk menghindari berbagai macam masalah kepala. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...