Olahraga Alternatif Pengganti Lari Bagi Orang Yang Malas. Sampai Saat ini lari merupakan olah raga yang dianggap paling ekonomis, banyak membakar kalori dan fleksibel karena bias dilakukan kapan saja. Namun, tidak semua orang menyukai olahraga ini, sebenarnya ada banyak aktivitas fisik atau olahhraga lain yang lebih efektif dilakukan daripada lari.

Bagi anda yang malas untuk melakukan lari baik pagi maupun sore hari ada olahraga alternatif sebagai penggantinya agar tubuh tetap sehat dan bugar. Anda bisa melakukan salah satu olah raga dibawah untuk mendapatkan tubuh yang sesuai dengan yang anda harapkan. Selain itu anda terhindar dari obesitas.


Seorang pelatih triathlon terkenal, Matt Wilpers, menyatakan bahwa ada beberapa jenis olahraga yang lebih efektif dalam pembakaran kalori. Pernyataan ini diukur berdasarkan kalkulator kalori pada pria dan wanita AS dengan kisaran usia sekitar 25 taun.

Olahraga Alternatif Pengganti Lari

Simak Juga

Berikut Beberapa Jenis Olahraga Pengganti Lari Cocok Bagi Orang Yng Malas.

Panjat Tebing
Olahraga ini menuntut nyali yang besar. Bagi Anda yang takut dengan ketinggian olahraga ini memang bukan pilihan yang bagus. Berdasarkan perhitungan kalori, rata-rata kalori yang dibakar mancapai 750 hingga 1.000 selama sejam dengan latihan intensitas tinggi dan waktu istirahat minimal. Olahraga ekstrem ini terbukti handal dalam melatih kekuatan dan stamina.

Aqua Jogging
Olahraga ini mungkin terdengar asing. Baik untuk kita ketahui olahraga yang bisa dilakukan di kolam renang tidak melulu hanya berenang, tapi juga jogging. Cukup dengan melakukan gerakan seperti jogging di air ternyata sangat efektif untuk melatih kekuatan kardio. Matt mengungkapkan “Sangat fantastis, denyut jantung naik seketika dan olahraga ini mudah dilakukan dengan teknik yang hampir sama dengan berlari,” .
Dilansir laman Kompas, Kamis (9/10/2014) Olahraga aqua jogging selama satu jam, bisa membakar kalori hingga 650 untuk wanita dan 850 untuk pria. Keuntungan dari olahraga ini adalah memiliki sedikit resiko pada otot dan sendi.

Elliptical
Wilpers juga menyarankan penggunaan alat elliptical di gym untuk latihan. Alas an penggunaan alat ini adalah karena mudah dan lebih ringan daripada berlari. Tips agar kalori yang dibakar lebih banyak adalah dengan menarik engkol secara miring dan berlawanan. Olahraga ini dapat membakar sekitar 1.000 kalori selama sejam bagi laki-laki dan 750 lebih kalori untuk wanita.

Bermain Basket
Gabungan antara lari cepat dengan gerakan yang dinamis saat bertanding menjadikan permainan ini enjadi salahsatu jenis olahraga yang lebih efektif dibanding berlari. Hal ini disebabkan karena intensitasnya yang tinggi akan membakar banyak kalori. Bermain basket selama sejam dapat membakar sekitar 1.000 kalori pada laki-laki dan lebih dari 750 kalori bagi wanita.

Lompat Tali
Lompat tali memang tampak seperti mainan anak-anak sekolah dasar. Sebenarnya olahraga ini merupakan salah satu latihan kardio yang baik dan cukup menantang karena ternyata banyak orang yang tak bisa melakukan 60 lompatan dalam satu menit tanpa henti. Cukup dengan lompatan selama 10 menit dapat membakar kalori antara 90 hingga 120. Tambahkan beberapa menit untuk melakukan pindahan lompatan agar mempercepat pembakaran kalori.

Demikian tadi beberapa olahraga alternatif penganti lari cocok bagi anda yang malas untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Anda juga bisa mencoba salah satu dari olahraga diatas. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]