Inilah Jenis Obesitas dan Solusinya yang Perlu Diketahui, Manakah Anda?



jenis obesitas dan solusinya

Inilah Jenis Obesitas dan Solusinya yang Perlu Diketahui, Manakah Anda? Obesitas dikenal dengan kegemukan di luar batas. Obesitas menghampiri semua usia tak terkecuali anak-anak. Kesadaran akan kondisi ini membuat kondisi kesehatan keluarga Anda terjaga. Obesitas adalah suatu akumulasi lemak dalam jaringan adiposa yang abnormal atau berlebihan sehingga mencapai taraf yang dapat menimbulkan ganguan kesehatan, seperti hiperinsulinemia, diabetes, penyakit kardiovaskular, hipertensi, gangguan imunologis, dan beberapa jenis kanker.

Apa penyebab dari obesitas? Secara umum disebabkan oleh meningkatnya asupan energi dengan kandungan lemak yang tinggi dan menurunnya aktivitas fisik sebagai akibat dari perubahan pola sosial dan lingkungan seperti perubahan pekerjaan, alat transportasi dan meningkatnya urbanisasi. Peningkatan asupan energi yang berlebih tersebut lama kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan obesitas.

BACA JUGA: Obesitas Pemicu Stroke, Jantung bahkan Kematian

Jenis obesitas berdasarkan type selnya:

  1. Tipe Hiperplastik. Obesitas yang terjadi karena jumlah sel yang melebihi normal, namun ukurannya sesuai dengan ukuran sel normal. Tipe ini terjadi masa anak-anak.
  2. Tipe Hipertropik. Obesitas yang terjadi karena ukuran sel melebihi ukuran normal. Tipe ini terjadi masa dewasa.
  3. Tipe Hiperplastik dan Hipertropik. Obesitas yang terjadi karena jumlah dan ukuran sel melebihi normal. Obesitas ini dimulai dari masa anak-anak dan akan terus berlangsung sampai dewasa. Upaya menurunkan berat badan pada tipe ini adalah yang paling sulit.

Jenis obesitas berdasarkan penyebaran lemak dalam tubuh:

  1. Tipe buah apel (sentral/ visceral/ android). Tipe ini ditandai dengan penumpukan lemak pada bagian tubuh sebelah atas. Tipe ini biasanya dialami oleh pria dan wanita yang menopause. Lemak yang menumpuk adalah lemak jenuh.
  2. Tipe buah pir (ginoid). Tipe ini ditandai dengan penumpukan lemak pada bagian tubuh sebelah bawah. Tipe ini banyak dialami oleh perempuan. Lemak yang menumpuk adalah lemak tidak jenuh. (Purwati, 2001)

Jenis obesitas berdasarkan healthfoodteam.com dan solusinya:

  1. Obesitas makanan

Jenis obesitas ini didapat dari asupan makanan dan air yang berlebihan. Biasanya, penderita obesitas tipe ini akan mengalami penimbunan lemak di bagian tubuh atas yang menyebabkan perut buncit.

Sebagai solusinya adalah mengurangi jumlah makanan, gula, dan berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

2. Obesitas kecemasan

Penyebab utama untuk jenis obesitas ini adalah kecemasan dan stres. Solusi untuk jenis obesitas tipe ini adalah mengontrol kegiatan fisik untuk mengelola kecemasan dan mengurangi stres.

3. Obesitas gluten

Obesitas tipe ini umum dialami oleh wanita, terutama selama masa remaja, menopause, atau saat mengalami ketidakseimbangan hormon.

Biasanya, penderita obesitas jenis ini akan mengalami penimbunan lemak di bagian pinggul dan paha. Cara terbaik untuk menanganinya adalah menghindari duduk dengan waktu yang lama, olahraga secara teratur, dan menghindari merokok.

4. Obesitas aterogenik metabolik

Obesitas tipe ini ditandai dengan perut yang sangat besar. Hal itu diakibatkan karena seluruh lemak tubuh terakumulasi dalam perut yang dapat menyebabkan masalah pernapasan.

5. Obesitas vena

Masalah kegemukan ini sering terjadi karena sirkulasi vena. Umumnya, masalah tersebut dialami oleh wanita selama kehamilan. Sebagai solusinya adalah melakukan banyak olahraga, misal, berjalan kaki atau naik tangga.

6. Obesitas kurang gerak

Ini adalah jenis obesitas yang umum dialami pada mereka yang minim gerak atau malas. Solusinya, lakukanlah beberapa jenis olahraga ringan dan perhatikan asupan makanan Anda untuk mengembalikan bentuk tubuh sempurna.

Obesitas bisa dikategorikan silent desease, penyakit yang tidak kelihatan yang sewaktu-waktu dapat menyerang siapapun. Obesitas sangat erat dengan pola hidup seseorang. Terutama pola makan dan pola kerja. Hal ini di tandai dengan ketidak seimbangan indeks berat badan yang ideal (BMI). BACA JUGA: 5 Jenis Diet Alami yang Bisa Anda Pilih Sesuai Kondisi Anda. [M. Anis – WartaSolo.com]