5 Jenis Diet, Pilih Cara Diet Sehat Alami Sesuai Kondisi Tubuhmu

5 Jenis Diet, Pilih Cara Diet Sehat Alami Sesuai Kondisi Tubuhmu

5 Jenis Diet, Pilih Cara Diet Sehat Alami Sesuai Kondisi Tubuhmu. Mungkin kamu sedang mencari berbagai macam cara menurunkan berat badan atau yang biasa disebut diet sehat alami yang banyak beredar di internet. Memang ada banyak cara untuk diet, tapi harus hati-hati juga dengan efek sampingnya dan apakah diet itu cocok dengan tubuhmu. Berikut ini beberapa contoh diet terkenal yang mungkin kamu mau coba:

Diet Paleo

Sudah pernah dengar tentang diet ini? Inti dari diet sehat paleo yaitu kamu hanya boleh mengonsumsi makanan-makanan alami layaknya manusia gua di jaman prasejarah. Makanan yang dimaksud seperti:

  • Sayuran
  • Ikan
  • Daging tanpa lemak
  • Kacang-kacangan
  • Minyak nabati
  • Biji-bijian

Dan anda juga harus menghindari berbagai macam makanan seperti gula, ubi, garam, biji sereal, produk susu, kentang, serta makanan/minuman olahan. Efek sampingdari diet paleo yaitu Bisa cepat bosan karena makanan terasa hambar, dapat kurang tercukupi asupan kalsium serta karbohidrat, dan tentunya mahal karena harus beli makanan organik.

Diet Mayo

Diet ini diterbitkan oleh Mayo Clinic yang sudah teruji dengan pengalaman klinis serta penelitian. Bebereapa sumber menyebutkan diet ini bisa mengurangi resiko beberapa penyakit seperti jantung, diabetes, insomnia, dan tekanan darah tinggi. Dalam diet Mayo kamu perlu mengubah kebiasaan tidak sehat dan diganti dengan yang lebih sehat.

Ada piramida makanan di dalam diet Mayo ini dengan sayur dan buah sebagai jumlah yang paling banyak harus dikonsumsi. Lalu asupan susu, karbohidrat, serta daging juga ada di dalam piramida makanan diet Mayo dengan makanan manis yang perlu dibatasi tiap harinya. Selain itu, diet ini juga menganjurkan untuk kamu melakukan aktivitas fisik/olah raga. Intinya diet ini cocok untuk kamu yang ingin mengubah kebiasaan konsumsi makanan tak sehat dengan memperbaiki kebiasaan makan.

Diet 5:2

Diet ini hanya memperbolehkan kita makan selama 5 hari saja dalam seminggu, sedangkan 2 hari selanjutnya wajib puasa! Menurut beberapa penelitian, diet ini katanya bisa mengurangi resiko penyakit mematikan seperti diabetes tipe 2, dapat meningkatkan usia hidupmu, melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia, menurunkan resiko kanker payudara dan yang berhubungan dengan obesitas, dan meningkatkan fungsi kognitif. Efek sampingnya saat puasa bisa mudah pusing, dehidrasi, bau mulut, mengantuk, susah konsentrasi, mudah marah, dan susah tidur.

Diet Atkins

Dengan cara diet ini kamu sama sekali tidak boleh mengonsumsi karbohidrat dan lebih banyak makan makanan yang mengandung lemak serta protein. Intinya saat kamu merasa lapar karena tidak mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan membakar lemak untuk membuat energi. Efek sampingnya sama dengan diet 5:2 seperti mudah pusing, mulut kering, mudah kecapaian, mual, insomnia, kurang serat, dan bahkan bisa beresiko terhadap kesehatan jantung.

Diet Dukan

Diet ini lebih menekankan untuk kita mengonsumsi makanan rendah lemak, rendah karbohidrat, serta tinggi protein. Diet ini sengaja dirancang agar kamu tidak mudah merasa lapar. Kamu bisa memilih sekitar 100 makanan (28 dari sumber nabati dan 72 dari sumber hewani) yang berbeda dan boleh mengonsumsinya sesuka-suka kamu ASALKAN tetap mengambil dari 100 makanan yang diperbolehkan tersebut. Efek sampingnya, berat badan bisa saja turun disebabkan oleh hilangnya massa otot dan cairan di dalam tubuh. Selain itu, kamu bisa mengalami bau mulut, sembelit, kurang gizi, mulut kering, mudah lelah, sampai kerusakan hati maupun ginjal.

Demikian ulasan mengenai jenis diet. Sebaiknya sebelum melakukan diet sesuaikan kondisi tubuh dan lingkungan untuk memilih diet yang manakah yang akan kita lakukan. Selain itu jangan melewatkan jam makan. Karena apabila kita melewatkan jam makan maka emungkinan besat akan mengemil dan itu justru malah membuat program diet anda gagal. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Menu Diet Sehat Super Cepat [YuQe-WartaSolo.com

Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.