6 Makanan Penghangat Tubuh di Musim Hujan

6 Makanan Penghangat Tubuh di Musim Hujan

6 Makanan Penghangat Tubuh di Musim Hujan

Musim penghujan membawa berkah tersendiri. Musim penghujan tambah asyik bila dinikmati dengan makanan penghangat tubuh. Kondisi matahari yang hanya beberapa jam menembus bumi membuat cuaca terasa dingin bahkan bagi sebagian orang tak jarang membuat suhu badan menggigil kedinginan. Solusi terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan penghangat tubuh.

BACA JUGA

Inilah Manfaat Vitamin B Kompleks bagi Kesehatan

Manfaat Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh Kita 

Banyak orang yang terserang penyakit di musim hujan dan cuaca dingin. Pakaian tebal memang mendukung bagi rasa hangat dalam tubuh tapi ini saja tidak cukup. Perlunya makanan penghangat yang akan mendorong dari dalam tubuh manusia sehingga daya tahan tubuh meningkat, tubuh terasa hangat dan penyakit menjauh. Inilah kenikmatan bila musim hujan tiba.

6 Makanan Penghangat Tubuh yang layak dikonsumsi dan dicoba disaat musim hujan tiba.

Pertama sayuran hijau. Sayur hijau seperti bayam, katuk, dan sayuran lain seperti buncis, wortel, lobak, dan kacang polong kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat membangun kekebalan tubuh, sehingga kamu nggak mudah sakit saat mengonsumsi sayuran tersebut setiap hari. Sayuran merah seperti ubi, bit, dan wortel kaya akan beta karoten dan vitamin A serta E.

Kedua rempah-rempah. Lada hitam, jahe, kunyit, dan kayu manis merupakan pengobatan alami yang efektif untuk mengobati pilek dan batuk. Untuk hasil terbaik, rebus dalam air lalu minum air rebusan. Rempah-rempah juga berfungsi sebagai bahan pelancaran pencernaan.

Ketiga buah-buahan. Meski nggak lagi musim hujan, buah-buahan adalah salah satu asupan wajib konsumsi. Vitamin yang kaya pada buah-buahan membantu tubuhmu untuk tetap fit. Jeruk, pepaya, dan pisang merupakan sumber yang kaya vitamin C, yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Keempat makanan berkuah. Makanan jenis ini penting untuk menjaga tubuhmu dari dehidrasi di musim dingin, bahkan ketika kamu nggak merasa haus. Menyeruput makanan berkuah yang hangat seperti sup, teh jahe, teh hijau, jus lidah buaya sepanjang hari dapat menjaga tubuhmu dari dehidrasi, dan menjaganya tetap hangat.

Kelima gula alami. Gula alami (gula aren) dan madu adalah pengganti yang baik untuk gula buatan saat diet. Gula merupakan asupan yang baik untuk memperbaiki sistem pencernaan. Sebab, gula alami nggak melalui proses pemurnian sehingga dapat menjaga gula dalam tubuhmu jadi seimbang.

Keenam aneka “wedang anget”. Wedang anget adalah istilah bahasa jawa yang berarti minuman hangat. Mulai dari bundrek, teh hangat, jahe hangat, angsle, ronde, kopi hangat dan masih banyak lainnya. Minuman hangat sangat cepat diserap tubuh dan membuat tubuh terasa hangat hanya dengan beberapa menit. (M. Anis-WartaSolo.com)

Kategori: Kesehatan Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.