WartaSolo.com – Hari ini merupakan hari ke-3 dibukanya pendaftaran online CPNS 2014 melalui Panselnas.menpan.go.id. Sayangnya situs resmi pendaftaran tersebut masih mengalami kendala yakni susah diakses.

Situs panselnas.menpan.go.id sampai detik ini masih sering mengalami kendala dengan munculnya pesan “Error displaying the error page: Application Instantiation Error: Could not connect to MySQL.”


Hal ini tentunya menimbulkan banyak masyarakat yang kecewa, bahkan ada kekhawatiran sampai dengan hari H penutupan pendaftaran mereka belum bisa mendaftarkan diri. “Ini sudah hari ketiga masih ngadat. Kalaupun bisa dibuka, leletnya minta ampun,” ujar salah satu pelamar CPNS.

JANGAN LUPA, pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online.

Menanggapi hal tersebut Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman membeberkan alasan mengapa situs panselnas.menpan.go.id sulit untuk diakses, hal ini terjadi karena lonjakan traffic pengunjung yang sangat tinggi sehingga server yang disediakan tidak mampu menahan lonjakan tersebut.

Hal ini diperparah dengan banyak masyarakat yang belum berkeinginan mendaftar ikut masuk ke portal panselnas.menpan.go.id. Padahal untuk mengetahui rincian formasi, pelamar bisa membuka situs formasi2.menpan.go.id.

“Kami menyampaikan permohonan maaf karena portal nasional panselnas.menpan.go.id sering down. Hal tersebut terjadi karena begitu besarnya antusiasme masyarakat utk mengakses portal tersebut,” tutur Herman di kantornya, Kamis (21/8) seperti ditulis JPNN.

Dia menambahkan, Panselnas terus melakukan upaya pembenahan salah satunya dengan menambah kapasitas server. Penyebab utama ngadatnya situs pendaftaran online CPNS dengan alamat www.panselnas.menpan.go.id karena diakses lebih dari 5 Juta pengunjung per hari

Angka kunjungan itu di luar perkiraan Panselnas yang hanya memerkirakan sekitar 2 juta-3 juta pengunjung per hari. Hal itu diungkapkan Kepala Biro Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman di kantornya, Kamis (21/8) kemarin.

“Antusiasme masyarakat sangat besar. Sampai pukul 02.00 dinihari tadi, jumlah pengunjung mencapai lima juta per hari,” katanya.

Tingginya tingkat kunjungan ini menimbulkan traffic jammed yang berakibat server Panselnas down. Untuk saat ini, KemenPAN-RB membuat portal alternatif agar masyarakat bisa dengan mudah mengakses rincian formasi CPNS-nya.

Herman menambahkan, pihaknya sudah membuat portal alternatif untuk melihat rincian formasi yang beralamat di formasi2.menpan.go.id. “Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini ke depan, portal nasional sudah normal kembali,” tandasnya.

Namun dari pantuan tim aktualpost sampai hari ke-3 pendaftaran hari ini, Jumat (22/8/2014) untuk situs https://panselnas.menpan.go.id/ masih sangat berat dan bisa dipastikan jika kondisinya seperti ini, para calon pendaftar akan mengalami kesulitan seperti 2 hari sebelumnya.