Manfaat Kunyit Dicampur Daun Sirih, Bisa Mencegah Kanker Serviks. Berbagai khasiat dan manfaat kunyit dan daun sirih untuk kesehatan serta kecantikan secara alami. Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang memang terkenal di masyarakat untuk mengatasi permasalahan di organ kewanitaan dan menjaga kebersihan tubuh. Sifat antiseptik dalam kandungan daun sirih berguna untuk mengatasi permasalahan infeksi dan peradangan serta menjaga kebersihan organ-organ tubuh terutama di organ kewanitaan.

Dahulu daun sirih banyak digunakan untuk “nginang”, tradisi nginang merupakan memakan langsung daun sirih yang dicampur dengan kapur sirih dan gambir. Kebiasaan nginang dilakukan oleh zaman nenek kita. Tak ayal orang dahulu sangat sehat dan giginya juga kuat hingga usia tua. Namun sekarang kebiasaan nginang sudah tidak ada.


Namun ada banyak khasit daun sirih apalagi bila dicampur dengan  kunyit yang juga memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, antivirus dan sumber antioksidan bagi tubuh. Anda bisa menggunakan campuran daun sirih dan kunyit untuk berbagai kebutuhan kesehatan terutama bagi kaum hawa. banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari campuran itu, berikut beberapa manfaat dari campuran daun sirih dan kunyit.

Mencegah kanker serviks

Kandungan senyawa antibakteri dan antivirus pada daun sirih dan kunyit juga terbukti ampuh mencegah kanker serviks karena mampu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi virus penyebab kanker serviks serta menjaga kesehatan organ kewanitaan. Dengan rutin mengkonsumsi sirih dan kunyit seseorang akan terbebas dengan kanker serviks. Rebusan daun sirih dan kunyit juga bisa digunakan sebagai cairan untuk membersihkan daerah kewanitaan.

Baca Juga: Kenali Gejala Awal Kanker Serviks Dan Pengobatannya

Mengurangi rasa sakit ketika menstruasi

Bagi anda yang sering merasakan kesakitan saat menstruasi anda bisa menggunakan campuran daun sirih dan kunyit untuk menghilangkan keluhan tersebut, caranya anda mengkonsumsi rebusan daun sirih dan kunyit sebelum anda mengalami menstruasi. Perut anda akan merasa lebih nyaman saat menstruasi datang. Dan anda bisa beraktifitas dengan tenang.

Baca Juga: Tanda Awal Seseorang Akan Mengalami Menstruasi

Mengobati keputihan

Keputihan sering menyebabkan rasa tidak nyaman dan jika dibiarkan bisa mengakibatkan penyakit lainnya yang lebih parah seperti kanker serviks. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan ramuan kunyit yang dicampur dengan daun sirih. Kandungan anti bakteri pada daun sirih dan senyawa kurkuminoid pada kunyit mampu membunuh bakteri dan jamur penyebab keputihan dan mengurangi bau tak sedap pada organ kewanitaan. Caranya dengan membuat rebusan daun sirih dan kunyit seperti tersebut diatas kemudian anda bisa menggunakan air rebusan untuk membasuh daerah kewanitaan. Selain menghilangkan keputihan yang bisa berubah menjadi penyakit berbahaya bila tidak segera ditangani rebusan daun sirih dan kunyit juga bisa menghilangkan bau tak sedap, gatal pada daerah intim, serta berbagai keluhan lain.

Baca Juga: Tips Jitu Mengatasi Keputihan Dengan Bahan Alami

Mengatasi Jerawat

Campuran daun sirih dan kunyit mampu mengurangi jerawat yang muncul di wajah, di punggung maupun di area lainnya. Kandungan antiseptik dan antijamur pada daun sirih serta kandungan anti bakteri pada senyawa kunyit bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan  mencegah tumbuhnya jamur pemicu jerawat di kulit serta mencegah iritasi. Cara memakainya bisa dibuat minuman atau bisa juga diolehkan pada daerah yang terkena jerawat. Sirih sangat ampuh karena kandungan antiseptiknya yang dengan cepat memulihkan bekas jerawat serta mencegah jerawat datang kembali.

Baca Juga: Tips Mengatasi Jerawat Dengan Sayuran Paling Cepat, Mudah, Aman Dan Tanpa Efek Samping

Memulihkan stamina setelah menstruasi atau melahirkan

Ramuan kunyit dan daun sirih juga bermanfaat untuk memulihkan stamina setelah menstruasi atau melahirkan. Campuran daun sirih dan kunyit juga membantu mengurangi lendir yang berlebihan, mengurangi bau badan serta menjaga kebersihan organ kewanitaan. Dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih dan kunyit akan membersihkan organ dalam pada wanita. Sisa darah yang masih terendap didalam bisa keluar dengan mengkonsumsi rebusan tersebut. Serta memulihkan bagian yang sakit secara alami.

Anda bisa membuat ramuan jamu kunyit dan daun sirih ini dengan menggunakan bahan-bahan seperti 250 gram rimpang kunyit, 1 sendok makan asam jawa, 200 gram gula merah, daun sirih 10-15 lembar, dan garam sebanyak ½ sendok makan. Pertama-tama, haluskan kunyit, kemudian masukkan pasta kunyit tersebut ke dalam rebusan daun sirih dan 2,5 liter air. Masukkan asam jawa, gula merah dan garam. Rebus hingga mendidih selama 20 menit. Tunggu hingga dingin kemudian disaring. Ramuan kunyit dan daun sirih siap dikonsumsi.

Baca Juga: Pemulihan Dan Perawatan Kondisi Tubuh Pasca Melahirkan

Demikian tadi manfaat yang luar biasa dari campuran daun sirih dan kunyit. Anda bisa menjadwalkan mengkonsumsi rebusan daun sirih dan kunyit minimal 1 minggu sekali dan lebih diintensifkan apabila mendekati menstruasi. Meskipun daun sirih dan kunyit masih tradisional namun manfaat yang anda dapatkan dari campuran ini sangat luar biasa banyaknya. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Sirih Merah Dengan Segudang Manfaat Yang Menakjubkan [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]