Manfaat Tanaman Hias Sirih Merah Yang Menakjubkan. Sirih merah kini hadir dengan tidak hanya sebagai tanaman hias, akan tetapi juga termasuk tanaman herbal. Dimana senyawa fitokimia yang terkandung dalam teh sirih merah yaitu alkoloid, sap0nin, tanin dan flavonoid. Senyawa aktif alkaloid teh sirih dan flavonoid teh merah memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah. Bahkan senyawa tanaman herbal sirih dan saponin dapat dipakai sebagai antimikroba/bakteri dan virus.

Tanaman hias Sirih Merah menyukai tempat teduh, berhawa yang sejuk dan sinar matahari 60-75 %. Tanaman ini tumbuh subur dan bagus di daerah pegunungan. Bila tumbuh di daerah panas dengan sinar matahari langsung, batangnya akan cepat mengering. Selain itu juga warnanya merah yangterdapat pada daun akan pudar.


Baca Juga : Manfaat Tanaman Tanduk Rusa Dapat Turunkan Demam

Dan inilah beberapa manfaat sirih merah yang luar biasa untuk mengobati penyakit sebagai berikut :   

  1. Diabetes – tiga daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk , cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil, rebus dengan air sebanyak tiga gelas/600 ml sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas, minum tiga kali sebelum makan dan dalam sekali minum hanya setengah gelas.
  2. Penyakit Jantung  –  ambil daun sirih merah berukuran sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar, cuci dengan bersih kemudian diiris kecil-kecil, rebus air sebanyak 4 gelas/800 ml sampai mendidih dan tersisa 2 gelas, lalu saring, minum selagi hangat dua kali sehari sebelum makan sebanyak satu gelas sekali minum.
  3. Organ Mulut – ambil daun sirih merah segar sebanyak 5 lembar dicuci dan direbus dengan dua gelas air/400 ml sampai mendidih dan tersisa 1 gelas, dinginkan lalu pakai untuk kumur tiga kali sehari, ramuan ini baik untuk gusi berdarah, sariawan, gusi berdarah, bau mulut dan radang tenggorokan.

Dan masih banyak lagi manfaat tanaman yang satu ini untuk kesehatan tubuh kita. Yang terbaik adalah bagaimana kita menjaga kesehatan kita sebelum terjadi masalah penyakit yang menerpa kita. Maka dari itu selamat beraktivitas dan semoga sehat selalu guys. [YuQe-WartaSolo.com]