Terapi Uap Tradisional Untuk Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Yang Sedang Batuk Pilek

Terapi Uap Tradisional Untuk Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Yang Sedang Batuk Pilek

Terapi Uap Tradisional Untuk Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Yang Sedang Batuk Pilek. Sikecil sedang batu pilek? atau hidung mampet karena ingus? bagaimana cara mengeluarkan ingus bayi dengan aman? Berbagai pertanyaan yang sering muncu ketika seorang ibu sedang mendapati bayinya terserang flu. Terutama bagi ibu muda yang minim akan pengetahuan.

Bayi yang sedang batuk pilek merasa tidak nyaman dengan dahak dan hidung mampet. Hal tersebut yang membuat sikecil rewel dan sering uring uringan. Bayi belum bisa mengeluarkan dahaknya sendiri, tidak seperti orang dewasa yang sudah mampu mengontrol diri dan tau kapan harus mengeluarkan dahak dalam tubuh.


Perlu dilakukan cara untuk mengeluarkan dahak sikecil. Baik itu cara tradisional maupun cara medis, namun bila untuk mencari aman dan dengan biaya yang sangat murah anda bisa menggunakan terapi uap tradisional untuk mengeluarkan dahak pada bayi yang sedang batuk pilek.

Terapi Uap Tradisional Untuk Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Baca Juga Ulasan Lainnya:

Dahak atau dalam istilah medis disebut dengan sputum merupan lendir-lendir kental (ingus) yang terdapat dalam saluran pernafasan ketika mengalami batuk, pilek, atau gangguan pernafasan lainnya. Jika dahak terlalu kental dan susah dikeluarkan, maka akan berpotensi menghambat pernafasan, sebagai akibatnya nafas menjadi sesak, batuk tak kunjung berhenti, bahkan saat bernafas disertai dengan suara yang tidak biasa (ngorok atau suara kodok). Hal tersebut tentunya mengganggu si kecil dalam meminum ASI ataupun susu dari botol dan tentu saja dia akan rewel terus menerus.

Sering kita melihat anak-anak yang tidak bisa mengeluarkan ingusnya sendiri sehingga membuatnya sesak nafas dan rasa tertekan yang menghantuinya. Kadang suara nafas mereka begitu terasa dan terdengar sangat menyiksa. Mereka bisa mengeluarkan dahak dengan bantuan medis dengan mengkonsumsi obat-obatan selain itu anda juga bisa menggunakan penguapan atau nebulisasi yang sangat efektif untuk melonggarkan pernafasannya.

Oleskan balsem khusus untuk anak-anak atau minyak kayu putih pada dada dan tengkuk bayi serta disekitar leher, rasa hangat yang ditimbulkan akan membantu mengencerkan dahak dan uap hangat yang dihirup akan dapat melegakan pernafasan. Ini juga akan memberikan rasa hangat pada tubuh bayi yang menenangkan. Pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakannya agar tidak kepanasan. Lalu, apakah pengobatan terapi uap bisa menghilangkan dahak pada anak bayi?

Cara membuat uap dengan minyak kayu putih. Sediakan baskom yang berisi air hangat lalu berikan beberapa tetes minyak kayu putih, teh dan letakkan di dekat bayi supaya uapnya terhirup (uapkan wajahnya), ini mirip dengan terapi uap yang akan membantu mengencerkan dahak, membuka saluran hidung yang tersumbat, melegakan pernafasan, dahakpun menjadi mudah dikeluarkan. Hati-hati meletakkan air panas, jangan sampai mudah dijangkau oleh bayi karena dikhawatirkan dapat membuatnya terluka.

Apabila dahak masih ada yang tertinggal di hidung atau tenggorokan, maka Anda dapat menggunakan alat khusus (suction berbahan karet) untuk mengeluarkan dahak tersebut dengan cara disedot. Untuk dahak di hidung, bisa dilakukan saat bayi dalam posisi tengkurap, untuk dahak ditengggorkan lakukan pada posisi miring dan membuka mulutnya.

Demikian ulasan tentang terapi uap tradisiona untuk mengeluarkan dahak pada bayi yang sedang batuk pilek. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan membantu anda dalam menangani dahak sikecil. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kesehatan
Tagged as: cara menguap anak balita yang batuk, dan lainnya.
Loading...