Manfaat Jambu Kristal Baik Untuk Penyakit Diare



Manfaat Jambu Kristal Baik Untuk Penyakit Diare

Manfaat Jambu Kristal Baik Untuk Penyakit Diare. Tanaman jambu biji dipercaya ampuh mengobati penyakit diare mulai dari pupus daun jambu biji, buah yang masih mentah serta buah yang sudah matang. Resep tersebut sudah diturunkan secara turun temurun sejak zaman nenek moyang dahulu.

Dalam jambu biji baik itu jambu kristal maupun jambu biji biasa terkandung zat aktif yang dinamakan tanin. Kandungan tanin dalam jambu biji baik pada daun maupun buahnya cukup tinggi. Indikasi adanya zat tanin dalam jambu biji adalah rasa rasa pahit saat masuk pada indra pengecap.

Tanin sangat berguna dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme didalam perut yang menjadi penyebab diare. Selain itu, tanin berperan untuk menyerap racun dalam sistem pencernaan selain itu tanin juga mampu menggumpalkan protein yang ada. Maka dari itu pengobatan diare dengan daun ataupun buah jambu biji sangat efektif.

Manfaat Jambu Kristal Baik Untuk Penyakit Diare

Simak Ulasan Lainnya:

Selain jambu zat tanin sebenarnya juga terdapat pada teh, teh bisa dijadikan obat diare dengan cara menyeduh teh dengan kental sampai terasa pahit dan langsung diminum. Namun bila menggunakan seduhan teh sebaiknya hindari menggunakan gla karena gula menjadi makanan bagi bakteri, bakteri yang masuk didalamnya adalah bakteri patogen.

Anda juga bisa mengkonsumsi jus jambu untuk meringankan masalah diare, namun konsumsi jus sebaiknya juga tidak ditambahkan gula. hal tersebut seperti yang sudah kita ulas diatas bahwa zat gula merupakan makanan bagi bakteri.

Penggunaan obat alami dari jambu biji untuk meringankan diare sebaiknya dalam satu hari dikonsumsi sebanyak 3 kali. Karena sifat dari jambu biji tidak menyembuhkan akan tetapi meringankan dan memulihkan pencernaan apabila semua racun yang ada dalam pencernaan sudah keluar diare dengan sendirinya akan sembuh.

Masa penyembuhan penyakit diare 3-4 hari sampai diare benar-benar sembuh. Pada masa penyembuhan sebaiknya hindari makan makanan yang pedas dan asam. hal tersebut dapat memicu lembali diare yang ditandai dengan rasa mulas pada perut.

Demikian ulasan mengenai manfaat jambu kristal baik untuk penyakit diare. Anda bisa memanfaatkan buah dan daunnya untuk penyakit diare. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]