Flu Singapura Rentan Menyerang Anak Kenali Gejalanya Sejak Awal



Flu Singapura Rentan Menyerang Anak Kenali Gejalanya Sejak Awal

Flu Singapura Rentan Menyerang Anak Kenali Gejalanya Sejak Awal. HMFD (Hand, Mouth and Foot Disease) atau yang lebih akrab dikenal dengan penyakit flu singapura merupakan penyakit menular yang ditularkan oleh virus. Flu singapura lebih banyak menyerang anak-anak usia 1-4 tahun. Namun bagi anak yang ;ebih besar namun mempunyai daya tahan tubuh rendah juga bisa terserang virus ini. Kebanyakan virus ini menyebar pada musim kemarau.

Bagi para orang tua yang memunyai anak balita sebaiknya lebih waspada dan selalu memantau kondisi anak agar selalu fit selain itu terjaga pola makan yang baik untuk kekebalan tubuh yang lebih baik dan menghindari terjangkitnya virus HMFD. Penularan virus ini bisa dimana saja, dari udara (percikan air liur saat bersin atau bicara), sentuhan( cairan dari bintil pada kulit), pencernaan (sisa urin atau feses yang menempelk pada tangan) serta benda yang telah terkontaminasi virus tersebut.

Orang tua harus waspada bila muncul tanda-tanda yang mengarah ke gejala penyakit flu singapura. Tidak hanya itu pengetahuan orang tua tentang gejala awal flu singapura juga dibutuhkan agar anak cepat mendapatkan pertolongan.

Flu Singapura Rentan Menyerang Anak Kenali Gejalanya Sejak Awal

Simak Juga Ulasan Lainnya:

Berikut gejala – gejala yang timbul pada anak jika terserang Flu Singapura :
1. Demam sedang (dibawah 39C) selama 2-3hari
2. timbul rasa sakit pada leher sehingga nafsu makan berkurang
3. muncul 3-10 bintil kecil dalam mulut serupa sariawan dan terasa nyeri
4. telapak tangan, kaki dan terkadang bokong muncul ruam kemerahan atau bintil kecil yang tidak gatal.

Selalu beri asupan makanan bergizi untuk meningkatkan imunitas anak karena tubuh yang terjangkit flu singapura membutuhkan makanan dan cairan dalam jumlah yang cukup selain itu perbanyak istirahat untuk pemulihan. Flu singapura akan membaik sekitar 7-10 hari tergantung kondisi anak. Bila anda membawa kedokter, dokter akan memberikan antiseptic untuk mengurangi rasa sakit pada daerah mulut pereda nyeri dan demam.

Jauhkan anak yang tertular penyakit flu singapura dengan anak lain sebelum flu singapura sembuh total hal tersebut bisa dilihat dari luka merah pada tangan dan kaki sembug total dan tidak meninggalkan bekas.

Demikian ulasan mengenai flu singapura sebagai orang tua memang seharusnya peka karena flu singapura rentan menyerang anak kenali gejalanya sejak awal untuk segera mendapatkan pertolongan. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]