Inilah Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan



inilah manfaat buah tin untuk kesehatan

Inilah Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan. Buah tin yaitu buah yang kaya akan manfaat dan gizi karena mengandung molekul gula, vitamin serta mineral. Maka dari itu, buah tin sering dipakai untuk produksi industri susu, sedangkan bagi orang Arab sendiri, mereka sering merebus daun tin sebagai obat untuk mengatasi nyeri pada menstruasi. Karena khasiat buah tin ini dihasilkan dari kandungan nutrisinya, sejumlah nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, zat besi dan kalsium.

Manfaat buah tin mempunyai dua macam yaitu buah tin kering dan basah yang membedakan keduanya yaitu pada kandungan kalorinya. Buah tin kering mengandung lebih banyak kalori daripada buah tin basah. Seorang profesor dari Amerika Serikat mengatakan bahwa buah tin tidak mengandung kolesterol dan lemak.

Simak Juga : Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Maka dari itu, buah tin sangat bermanfaat untuk kesehatan diantaranya adalah :

  • Sebagai Pembentukan Sel Darah Merah – dapat memicu pembentukan sel darah merah (hemoglobin) sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita anemia. dalam peningkatan darah merah juga mengoptimalkan daya ingat serta mengurangi kelelahan bagi yang mengkonsumsinya.
  • Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan – seperti manfaat pepaya yang dapat memperlancar pencernaan, tapi buah tin juga bisa mengatasi sembelit atau susah buang air besar.
  • Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung – bahwa kandungan omega 3 dan kalium dapat mencegah terjadinya jantung koroner, zat kalium ini juga banyak terdapat pada manfaat buah pisang dan manfaat mangga.
  • Mengandung Kalsium – kandungan kalsiumnya sama seperti manfaat susu yang akan mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang, sedangkan untuk kandungan kalsium dalam buah tin bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.
  • Dapat Mengobati Asam Urat – dapat memperkuat tulang dan sendi sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita asam urat.
  • Sebagai Anti Bakteri, Virus dan Jamur – buah tin dapat membunuh bakteri pengganggu kesehatan, kandungan buahnya dapat membunuh mikroorganisme yang dapat menyebabkan virus dan jamur itu sendiri.
  • Bagus Untuk Diet – untuk orang-orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan, baik menambahkan apel dan buah tin, bagus dijadikan cemilan enak saat diet.

Simak Juga : 7 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Dan sebenarnya masih banyak lagi manfat yang terkandung pada buah tin. Buah tin mengandung serat, kalium dan zat besi yang tinggi. Dalam 10 gram buah tin terdapat lebih dari 20 % serat, berjenis serat larut. Serat larut dapat menjaga kadar gula dalam darah serta mengurangi kadar kolesterol. Sedangkan serat tidak larut dapat mencegah kanker pada usus besar. Serat yang terkandung dalam buah tin juga bermanfaat untuk menyuburkan sistem reproduksi baik pria maupun wanita.

Maka dari itu, bagi pecinta kesehatan yang mempunyai lahan atau tidak dapat menanam sendiri dirumah baik dengan media pot yang berbahan baku alami secerca sekam juga dapat dimaksimalkan dengan baik agar ketika menanam sendiri dapat menikmatinya samapi berbuah dan daunnya juga dapat di jadikan seduhan seperti teh. [YuiQe-WartaSolo.com]