Penyebab Utama Kulit Kering



penyebab kulit kering

Penyebab Utama Kulit Kering. Kulit kering merupakan kondisi umum yang sering dialami oleh seseorang dimana bagian lapisan terluar dari kulit kekurangan cairan dan akibatnya kulit menjadi bersisik bahkan sampai mengelupas. Bagian tubuh yang terbuka seperti tangan, kaki, lengan, dan wajah termasuk area yang sering mengalami gangguan satu ini.

Dalam dunia medis, kulit kering sering disebut dengan xerosis atau xeroderma. Kulit kering dapat menyerang siapa saja tanpa pandang jenis kelamin, tergantung dari kondisi kesehatan, tempat tinggal, lama waktu di ruangan terbuka, serta usia seseorang. Orang-orang yang lanjut usia lebih rentan mengalami kulit kering karena kulit sudah mulai keriput.

Beberapa Gejala dan Penyebab Kulit Kering

Pada sebagian kecil orang, kulit kering akan diderita sepanjang masa hidupnya. Namun pada kebanyakan orang, masalah kulit kering ini hanya bersifat sementara, pada waktu-waktu tertentu terkait dengan kondisi yang sudah saya sebutkan diatas bisa karena factor cuaca usia makanan.

Gejala kulit kering yang sering muncul yaitu permukaan kulit yang terasa dan terlihat kasar. Selain itu, pemilik kulit kering sering mendapati permukaan kulit mereka terasa kencang atau kaku saat mandi, setelah mandi, atau saat berenang. Bahkan kemerahan dan rasa gatal juga biasanya muncul.

Gejala lain yang sering muncul ialah adanya retakan garis di bagian kulit. Kulit juga kemungkinan akan memiliki sisik dan mengelupas. Dalam kondisi yang sudah cukup parah, terdapat sebuah retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah.

Gejala-gejala tersebut dapat muncul terkait dengan beberapa penyebab diantaranya:

  • Iritasi yang disebabkan karena pakaian, parfum, deterjen, dsb.
  • Menggosok kulit terlalu keras
  • Bertambahnya usia seseorang – semakin tua kulit semakin kering
  • Berhanduk terlalu kering setelah mandi
  • Pemakaian sabun yang salah
  • Perubahan cuaca
  • Mandi air/uap panas yang berlebihan

Demikian penyebab mengenai kulit kering selalu jaga kelembabpan kulit untuk mengantisipasi terjadinya kulit kering. Anda bisa mengkonsumsi banyak buah dan sayur serta air putih agar kulit anda tetap lembut. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Rahasia Kulit Kinclong Ala Wanita Tiongkon serta Cara Alami Mengatasi Kulit Kering [YuQe-WartaSolo.com]