6 Manfaat dan Khasiat Kangkung Bagi Kesehatan. Siapa yang tak kenal dengan nama sayuran yang satu ini. Kangkung merupakan salah satu tanaman yang bisa tumbuh dengan subur didaerah yang berair. Salah satu masakan kangkuing yang paling terkenal yaitu ca kangkung. Pada ulasan sebelumnya kami mengulas mengenai manfaat daun seledri untuk kesehatan.

Selain memiliki rasa yang enak kangkung ternyata juga memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh, baik untuk kesehatan maupn untuk kecanikan. Di Inda sayur kangkung ikenal dengan nama Paani palak. Pembudidayaan tanaman kangkung sangat mudah. Ada 2 jenis kangkung yaitu kangkung air dan kangkung darat.


Dalam menanam kangkung yang perlu anda persiapkan yaitu media tanam ang sudah dicampur dengan pupuk kandang atau kompos. Biji kangkung disemai pada media tersebut hingga menunggu beberapa minggu untuk dilakukan pemanenan. Bila anda menanam sendiri usahakan tidak menggunakan pupuk kimia agar kandungan nutrii didalamnya lebih banyak.

Manfaat dan Khasiat Kangkung Bagi Kesehatan

Tak heran bila khasiat kangkung sangat banyak dan sangat dibutuhkan tubuh untuk metabolisme tubuh. Berikut 6 kegunaan kangkung bagi kesehatan.

Mengobati anemia

Kangkung kaya akan zat besi dan itu sangat bermanfaat bagi orang yang terkena anemia serta wanita hamil yang membutuhkan zat besi. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel-sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin.

Mengurangi kolesterol

Kangkung adalah pilihan yang tepat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa konsumsi kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol serta Trigliserida – salah satu jenis lemak.

Mencegah kanker

Mengandung 13 jenis senyawa antioksidan, kangkung adalah makanan yang tepat untuk pencegahan kanker. Sayur ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut serta kanker kulit dan payudara.

Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit

Kangkung kaya akan serat yang dapat mencegah gangguan pencernaan. Sayur ini bisa menjadi semacam pencahar bagi orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit.

Penyakit kuning dan hati

Kangkung telah lama digunakan dalam pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak tanaman ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati karena memiliki sifat antioksidan.

Anti-diabetes

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin kangkung dapat menurunkan risiko diabetes. Sayur ini juga bisa digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

Demikian tadi manfaat dan khasiat sayur kangkung bagi kesehatan yang bisa anda dapatka. Anda juga bisa mengetahui informasi lain seperti manfaat wortel atau manfaat tomat untuk kesehata dan kecantikan. [Yuni HastutiĀ  WartaSolo.c]