Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Tumor Otak



tanda dan gejala tumor otak

Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Tumor Otak. Perlu diketahu bahwa Tumor Otak adalah pertumbuhan abnormal sel-sel dalam otak yang dapat tumor atau non-tumor/jinak. Dimana tumor otak merupakan pembunuh yang bekerja diam-diam dan sulit di deteksi. Karena otak adalah organ tubuh yang mengatur segala aktivitas tubuh manusia. Dan dalam satu detik ada ribuan hal yang terjadi dalam otak /baik dalam keadaan sadar maupun tidak sadar.

Secara umum otak manusia dibagi menjadi tiga bagian yaitu ; otak besar, otak kecil dan batang otak. Ruang antar bagian terisi oleh cairan otak, sedangkan bagain luarnya terlindungi oleh tiga lapis selaput otak dan tulang tengkorak. Tumor otak dapat disebabkan diantaranya factor keturunan, riwayat benturan, factor dari luar tubuh berupa makanan dan radiasi.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Hias Sirih Merah Yang Menakjubkan

Tiap bagian otak dapat  terkena tumor dan tentunya mengganggu fungsi serta struktur saraf pusat. Seiring dengan berkembangnya tumor tersebut, jaringan otak akan semakin tertekan. Padahal volume rongga tengkorak sangat terbatas dan tidak mungkin bertambah besar. Dan hal tersebut merupakan sakit kepala sebagai gejala awal tumor otak itu sendiri.

Ciri-ciri awal tumor otak sangat bervariasi, tergantung pada bagian otak mana yang terserang. Misalkan kepala pusing atau terasa mual, sampai muntah yang menyemprot, daya penglihatan berkurang, penurunan kesadaran atau perubahan perilaku, ganguan berbicara, pendengaran, keseimbangan tubuh, saraf dan anggota gerak melemah atau kejang.

Untuk benar-benar memastikan anda harus diperiksa oleh dokter ahli syaraf serta menjalani pemeriksaan lanjutan seperti CT scan, MRI, angiogram, myelogram, spinal tab dan biopsi. Orang dengan tumor otak memiliki beberapa pilihan pengobatan. Tergantung pada jenis dan stadium tumor, pasien dapat diobati dengan operasi pembedahan, radioterapi  atau kemoterapi. Simak Juga : Vertigo Penyebab, Gejala dan Pencegahannya. [YuQe-WartaSolo]