Mudahnya Ketahui Orang Berbohong, Ini Dia Caranya



Mudahnya Ketahui Orang Berbohong wartasolo.com

Mudahnya Ketahui Orang Berbohong, Ini Dia Caranya. Sering ragu seseorang jujur atau berbohong kepada Anda? Atau diri kita sendiri kadang sadar atau tidak sadar sering berbohong kepada seseorang? Ada cara mudah bagaimana mengetahui seseorang berbohong atau tidak.

Sebelum mengetahuinya kita akan bertanya sebentar. Pernahkan kita berbohong? Atau pernahkah kita dibohongi orang? Ini yang menarik. Tidak setiap kita mengetahui kejadia-kejadian seperti itu. Padahal itu yang kita alami saat berinteraksi dengan banyak orang.

Setidaknya ada 4 cara mudah untuk mengetahui seseorang berbohong atau tidak. Hal ini sesuai disarikan dari Mirror, Rabu (15/6/2016). Hasil penelitian yang bisa dikatakan mengagetkan banyak orang ternyata kalau kita berbohong bisa sampai 200 kali sehari. Hal ini menjadi wajar jadinya kesulitan membedakan mana yang benar dan mana yang bohong.

BACA JUGA: Tips Jitu Sehat Selama Puasa Ramadhan

Metode untuk mengungkap kebohongan tingkat lanjut sering dikenal dengan tes poligraf, tapi untuk hal ringan, di sini akan disampaikan 4 indikator ringan kebohongan yang mungkin bisa dijadikan pedoman. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Kata-kata yang negatif

Bila orang-orang menggunakan bahasa negatif, itu salah satu indikator pembohong. Karena ketika seseorang berbohong, secara tidak sadar mereka merasa buruk telah berbohong.

2. Orang ketiga

Orang yang melakukan kebohongan akan mencoba untuk menjaga referensi dirinya. Tak sedikit akhirnya yang menggunakan orang ketiga. Misalnya, alih-alih “Aku tidak melakukannya,” dia akan mengatakan, “Itu tidak terjadi, mungkin ada orang lain melakukannya.”

3. Terlalu kompleks

Agak membingungkan, tapi kalau masih dalam satu alur cerita biasanya dia jujur. Sebaliknya, jika dia terus bercerita terlalu kompleks di luar konteks masalah, mungkin itu pertanda dia berbohong.

4. Membuat sederhana

Pembohong akan sering menawarkan cerita sederhana, tanpa nuansa.

Cara mudah di atas silakan di coba di kehidupan Anda sehari-hari. Anda akan tahu seberapa banyak orang yang berbohong dan orang yang jujur kepada Anda. BACA JUGA: 5 Cara Ketahui Seseorang Berbohong dari Sisi Psikologi. [M. Anis – WartaSolo.com]