Resep dan Cara Memasak Pepes Jamur Petai, Rasanya Menggoda Selera



Resep dan Cara Memasak Pepes Jamur Petai, Rasanya Menggoda Selera dan Lezat

Resep dan Cara Memasak Pepes Jamur Petai, Rasanya Menggoda Selera. Masakan jamur memiliki citarasa yang luar biasa. Memang jamur yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah yang sudah beredar di pasaran. Jangan asal memasak jamur karena sebagian besar beracun. Hanya sesuai rekomendasi saja yang selama inii diperjual belikan aman untuk dikonsumsi. Apalagi ketika ada resep dan cara memasak pepes jamur petai benar-benar lezat.

Resep dan cara memasak pepes jamur petai setidaknya ada 3 gabungan bahan yang lain dari yang lain. Coba kita cek saja ada jamur, ada petai yang khas bau dan rasanya serta pepes yang terkenal mampu menyihir lidah untuk selalu melahap makanan yang dibungkus saat proses pemepesan. Ini selain langka juga unik sehingga wajar bila resep kali ini betul-betul membuat orang tanda tanya senikmat apakah yang satu ini.

Paduan olahan yang diakui setiap bahannya seperti jamur dan petai tidak diragukan lagi. Hanya saja belum banyak dan bisa mencicipi olah pepes jamur petai. Awal sebelum proses memasak pastikan memilih bahan yang benar-benar kelas satu alias terbaik. Kunjungi tempat penjual bahan jamur dan petai yang Anda percaya dan dapatkan bahannya untuk diolah. Bila daun pisang mungkin mudah didapatkan disekitar Anda. Cara membuat pepes jamur pete kali ini sangat singkat.

Resep dan Cara Memasak Pepes Jamur Petai

Resep dan Cara Memasak Pepes Jamur Petai, Rasanya Menggoda Selera

Jamur atau cendawan adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.

Reproduksi jamur, ada yang dengan cara vegetatif ada juga dengan cara generatif. Jamur menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya untuk memperoleh makanannya.

Setelah itu, menyimpannya dalam bentuk glikogen. Jamur merupakan konsumen, maka dari itu jamur bergantung pada substrat yang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya. Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit.

Petai, pete atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut “petai” juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Pengenalan sejenak bahan di atas setidaknya menambah wawasan kita dalam olahan yang akan kita buat. Berikut resep dan cara memasak pepes jamur petai terbaru penuh kejutan rasa. Kali ini bahan dasar jamur yang kita pilih adalah jamur merang yang mudah di jumpai di pasaran.

Bahan-bahan membuat pepes jamur petai:

  • 20 butir jamur merang
  • Beberapa lembar daun pisang mengkukus dan pepes

Bumbu-bumbu memasak pepes jamur pete:

  • 2 papan petai
  • 6 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk
  • 6 buah cabe rawit
  • garam secukupnya

Langkah-langkah cara membuat pepes jamur petai:

  1. Pertama bersihkan jamur merang kemudian rebus.
  2. Potong-potong jamur merang usai direbus sesuai selera (jangan terlalu kecil).
  3. Ambil dan bersihkan petai lalu iris tengah dari samping agar bumbu meresap. Lalu parut bawang merah.
  4. Tumislah bawang merah, jamur dan petai hingga bau harum menyengat dan angkat.
  5. Lalu campurkan daun salam, daun jeruk, cabe rawit dan garam, kemudian dibungkus daun pisang,
  6. Kukus sampai matang diikuti pemanggangan di atas arang sebentar.
  7. Angkat dan hidangkan selagi hangat.

Baca Juga:

Demikian resep dan cara memasak pepes jamur petai di atas dan diharapkan like dan sharenya dalam menunjang kegiatan bersama WartaSolo.com. Demikian liputan resep dan cara memasak pepes jamur petai tersebut di atas. Silakan mencobanya dan sekali lagi pastikan memilih bahan terbaik. [M. Anis – WartaSolo.com]