4 Keuntungan Mengajari Anak Berenang, Atasi Phobia Air dari Kecil



4 manfaat renang bagi anak

4 Keuntungan Mengajari Anak Berenang, Atasi Phobia Air dari Kecil. Siapa yang tidak suka air? Apakah anak-anak Anda suka air? Banyak wahana permainan air atau Waterpark kini sudah menjamur di berbagai daerah, apalagi di kota dan sekitar Anda. Wahana air menjadi alternatif liburan bagi anak dan keluarga, tak sedikit orang tua yang memanfaatkan arena bermain air ini sebagai media belajar berenang untuk anaknya.

Apa saja keuntungan bagi anak-anak bila sedini mungkin belajar berenang. Ada 4 hal yang perlu diketahui bersama bila anak-anak kita bisa berenang sejak keci. Berikut penjelasannya:


BACA JUGA: Manfaat Daun Sirsak yang Dahsyat Bagi Kesehatan

1. Berlatih Disiplin Sejak Dini

Dimulai dari yang paling sederhana, Anak Anda yang belajar renang tentunya akan belajar untuk mengikuti instruksi dan sebagainya. Dengan belajar mengikuti instruksi, Anak juga akan belajar untuk mengikuti aturan, kedisiplinannya pun ikut terlatih. Melatih kedisiplinan anak sejak dini akan membuat anak terbiasa dengan pola hidup disiplin.

2. Belajar Melatih Keberanian

Ada dari anak Anda yang penakut? Seringkali kita jumpai, remaja atau orang dewasa masih takut dengan air dengan tidak bisa berenang. Jika sejak kecil, anak diajari untuk berenang, maka ketika menginjak dewasa mereka tidak akan phobia atau takut untuk berenang.

Anak Anda yang belajar renang tentunya akan belajar untuk mengikuti arahan pelatih dan didampingi.

Melatih keberanian anak sejak dini akan membuat anak tumbuh dengan mental kuat dan berani dengan tantangan.

3. Melakukan Investasi Sepanjang Waktu

Apa hubungannya renang dengan investasi. Tapi memang begitu adanya. Mengapa? Karena renang adalah olahraga sepanjang waktu dan merupakan salah satu lifeskill yang wajib dikuasai. Bilamana sejak kecil anak sudah pandai berenang, maka sampai dewasa, ia akan tetap memiliki kemampuan itu. Jadi, bisa dibilang belajar renang adalah investasi sepanjang masa.

4. Membuat Tubuh Anak Lebih Sehat

Dampak positip berenang audah dikela sejak lama. Renang merupakan olahraga kardiovaskular yang sangat baik untuk meningkatkan denyut jantung, melancarkan sirkulasi darah, dan membangun kekuatan otot. Hasilnya? Anak Anda pasti jadi lebih sehat.

Memang belajar renang memiliki segudang manfaat bagi anak, tapi tidak sedikit para ibu khawatir jika anaknya bermain di kolam renang. Salah satu kekhawatiran yang sering dijumpai adalah anak dapat terpapar kuman karena kolam renang merupakan tempat umum.

Pada kenyataannya, Anda tidak perlu khawatir. Setelah berenang, segera mandikan anak menggunakan sabun antibakteri yang mampu membersihkan dan melindungi kulit dari kuman, serta menjaga kelembaban dan kecerahan kulit. Setidaknya ada 2 keuntungan dengan segera membersihkan tubuh anak setelah berenang:

1. Membersihkan dan melindungi kulit dari kuman yang melekat
2. Menjaga cerahnya kulit, sekaligus menjaga kelembaban alam.

Nah mulai sekarang orang tua harus berani mulai sesikit-demi sedikit melatih anak Anda dengan berenang. Bisa orang tua sendiri mengajari, mengundang guru renang atau bersama-sama dengan seniornya saat latihan terus nimbrung ikut renang. BACA JUGA: Rahasia Hijab dan Kesehatan Bagi Muslimah[Anis/Anna – WartaSolo.com]