6 Makanan Yang Wajib Dihindari Ibu Setelah Melahirkan



6 Makanan Yang Wajib Dihindari Ibu Setelah Melahirkan

6 Makanan Yang Wajib Dihindari Ibu Setelah Melahirkan. Bagi ibu yang baru melahirkan memang harus menghindari beberapa hal. Misalnya makanan, minuman atau buah-buahan, kali ini tim wartasolo.com akan membahas makanan yang wajib dihindari ibu setelah melahirkan. Lalu makanan apa saja yang mesti dijauhi?.

Bagi perempuan setelah melahirkan memang banyak hal yang mesti diketahui, termasuk makanan yang boleh dikonsumsi, makanan yang kurang bagus untuk janin namun memiliki gizi tinggi serta makanan yang harus dihindari. Ada banyak makanan yang harus dihindari oleh ibu pasca melahirkan.

Seorang ibu harus sudah mengetahui hal tersebut sebelum proses melahirkan, hal tersebut dimaksudkan agar setelah ia melahirkan seorang ibu sudah mempunyai dasar untuk mengasuh buah hatinya. Tidak hanya itu saja namun ibu juga harus menjaga kesehatan pasca melahirkan misalkan penanganan bekas jahitan, belum lagi bila ASI tidak lancar atau mengalami peradangan pada p*yud*ra ibu.

6 Makanan Yang Wajib Dihindari Ibu Setelah Melahirkan

Simak Juga Ulasan Lainnya:

Berikut daftar 6 makanan yang wajib dihindari ibu setelah melahirkan baik yang berpengaruh pada bayi, kesehatan ibu dan pemulihan bekas jahitan.

Makanan Asam

Makanan dengan rasa asam sangat tidak dianjurkan biladikonsumsi ibu menyusui pasalnya makanan berasa asam akan menyebabkan perut bayi yang mengkonsumsi ASI menjadi kembung dan diare. Selain itu makanan asam juga membuat rahim ibu yang dalam masa pemulihan menjadi bengkak dan terasa sakit lagi.

Makanan Pedas

Semua jenias makanan pedas misalkan cabai, merica, sambal, makanandengan rasa pedas sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu menyusui, bila dikonsumsi hal tersebut akan mengganggu sistem pencernaan bayi karena bayi yang mengkonsumsi ASI organ dalamnya masih sangat halus.

Makanan Berminyak

Makanan berminyak atau makanan dengan lemak jenuh tinggi mengakibatkan proses penyembuhan luka akan terhambat. Baik itu luka pada jahitan ibu atau luka pada tali pusar bayi. Karena perawatan tali pusar bayi memang membutuhkan penanganan khusus supaya terhindar dari infeksi.

Telur dan Ikan Asin
Telur dan ikan asin juga merupakan salah satu pantangan makanan setelah melahirkan yang wajib dihindari. Meski nilai gizinya dapat memulihkan kondisi fisik tubuh yang lelah, namun proteinnya yang tinggi bisa membuat luka akibat persalinan terasa gatal dan menjadi lama sembuhnya. Bukan hanya untuk si ibu, si bayi yang mengkonsumsi air susu ibunya juga akan mengalami hal serupa. Luka di pusarnya akan terus basah dan tidak lekas kering.

Ikan Berpatil
Bagi sebagian besar masyarakat Jawa, ikan-ikan yang memiliki patil atau alat sengat juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang baru saja melahirkan. Makanan jenis ini dipercaya dapat membuat si ibu hamil mengalami sakit seperti ditusuk-tusuk duri dalam rahimnya. Anda boleh mempercayai mitos ini, tapi boleh juga tidak. Tapi yang jelas, beberapa kejadian memang pernah membuktikan hal ini.

Kopi
Jika tidak ingin bayi anda terus menangis karena gelisah, batasilah konsumsi kopi yang banyak mengandung kafein. Kafein dalam kopi memang bisa meningkatkan semangat dan konsentrasi anda, namun jika ia mengalir dan diminum bayi anda, si bayi mungkin akan terus gelisah dan mudah lelah. Selain minum kopi, ibu juga harus menghindari minuman beralkohol karena selain membuat perut ibu terasa panas, juga dapat menyebabkan kondisi ibu semakin lama untuk pulih, parahnya lagi dapat meningkatkan risiko penyakit yang lebih serius.

Baca Juga:

Demikian tadi 6 makanan yang wajib dihindari ibu setelah melahirkan. Selain itu ibu pasca melahirkan juga harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan bayi karena bayi yang baru saja dilahirkan mudah terjangkit virus. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]