Tips Membersihkan Arteri Yang Tersumbat Secara Alami



penyumbatan arteri

Tips Membersihkan Arteri Yang Tersumbat Secara Alami. Plak yang mengandung kolesterol, lemak, serta zat-zat yang lain bisa menyumbat arteri (pembuluh darah besar yang membawa darah dari jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh). Seiring berjalannya waktu, plak ini bisa tumbuh dan mempersempit arteri. Ini bisa menyebabkan terjadinya suatu kondisi pada tubuh yang bernama aterosklerosis, yang artinya ialah pengerasan arteri. Aterosklerosis bisa mengakibatkan beberapa gangguan yang berbeda, misalnya penyakit jantung koroner (yang mempengaruhi arteri dalam memasok darah langsung ke jantung), tekanan darah tinggi dan berbagai kondisi lain yang berpotensi membahayakan jiwa. Langkah-langkah alami paling efektif yang bisa Anda lakukan untuk membantu membersihkan arteri yang tersumbat di antaranya adalah dengan mengubah pola makan dan gaya hidup.

Mengubah Pola Makan

Hindari lemak trans dan lemak jenuh. Salah satu penyebab utama yang meningkatkan kadar kolesterol ialah lemak jenuh. Anda juga harus menghindari lemak trans, yang di dalam kemasan makanan akan ditulis sebagai lemak dan minyak “terhidrogenasi“. Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung lemak jenis ini adalah mentega, keju, margarin, produk susu berlemak tinggi, daging merah, serta daging olahan. Periksa kadar lemak jenuh di kemasan makanan, dan batasi asupan kalori harian Anda hanya sebesar lima atau enam persen (misalnya 13 gram dalam 2.000 kalori/makanan dalam sehari).

Gunakan minyak yang sehat untuk memasak. Karena lemak babi (lard), mentega, dan margarin banyak mengandung lemak yang tidak sehat, pilihlah minyak goreng yang sehat untuk menyiapkan makanan. Anda bisa memilih beberapa alternatif yang banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang benar-benar memiliki efek yang berlawanan dan membantu mengurangi kadar kolesterol dan mengurangi radang yang berhubungan dengan aterosklerosis. Beberapa alternatif yang bisa Anda pilih di antaranya:

  • Minyak zaitun
  • Minyak canola
  • Minyak kacang
  • minyak wijen
  • Minyak kelapa dan minyak sawit tidak masuk di daftar ini dan harus dihindari.

Tingkatkan asupan lemak omega-3. Lemak omega-3 (disebut juga lemak “baik”) membantu mengurangi risiko aterosklerosis. Lemak ini bisa ditemukan di banyak makanan, terutama ikan. Beberapa sumber makanan yang banyak mengandung lemak ini adalah ikan salmon, tuna, dan ikan trout. Untuk menghindari penyumbatan diharapkan mengonsumsi makanan ini sekitar dua porsi dalam seminggu. Beberapa makanan lain yang banyak mengandung lemak omega-3 di antaranya adalah:

  • Biji rami (flaxseed) dan minyak biji rami
  • Kenari
  • Biji chia
  • Tahu dan produk dari kedelai
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran berdaun hijau
  • Avokad

Pilihlah biji-bijian utuh (whole grain). Biji-bijian yang telah diolah menghilangkan serat dan komponen sehat lain yang ada di dalam biji-bijian. Daripada mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung putih (pasta semolina, roti putih, nasi putih, dsb.), pilihlah makanan dari biji-bijian utuh. Cobalah untuk menyantap tiga porsi biji-bijian utuh setiap hari. Ini bisa berupa pasta dari gandum utuh, beras merah, quinoa, oat, nine-grain bread (sebuah merek produk), dan sebagainya.

Baca Juga: Manfaat Mengkonsumsi Gandum Utuh

Hindari permen. Permen merupakan sumber utama karbohidrat sederhana, yang bisa menimbulkan dampak pada beberapa faktor yang terkait dengan aterosklerosis seperti obesitas dan tekanan darah tinggi. Singkirkan minuman dan makanan manis dari daftar makanan Anda untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung. Anda harus membatasi maksimal empat makanan dan minuman manis dalam seminggu (dan lebih sedikit lagi jika bisa).

Baca Selengkapnya: Tips Mengatasi Obesitas Pemicu Penyakit Stroke, Jantung

Tingkatkan asupan serat. Makanan yang banyak mengandung serat bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol. Tambahkan banyak sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan pada makanan Anda untuk meningkatkan asupan serat. Beberapa pilihan serat yang baik di antaranya:

  • Biji-bijian (beans)
  • Apel
  • Buah jeruk
  • Oat dan jelai
  • Kacang-kacangan (nuts)
  • Kembang kol
  • Kacang hijau
  • Kentang
  • Wortel

Secara umum, jika Anda wanita cobalah menyantap serat sebanyak 21 hingga 25 gram dalam sehari dan 30 hingga 38 gram dalam sehari apabila Anda pria.

Baca Juga: Manfaat Buah Apel Untuk menyembuhkan penyakit jantung

Kurangi asupan sodium. Sodium (garam) berdampak negatif terhadap tekanan darah, dan tekanan darah tinggi serta membuat Anda memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami pengerasan dan kerusakan arteri. Pilihlah makanan yang tidak banyak mengandung sodium di toko atau restoran dan batasi asupan sodium maksimal dalam satu hari kita bisa megkonsumsi 2.300 mg. Jika Anda didiagnosis memiliki tekanan darah tinggi oleh dokter, Anda harus membatasi asupan sodium lebih ketat lagi, yaitu kira-kira 1.500 mg dalam sehari.

Mengubah Gaya Hidup

Lakukan olahraga dalam porsi yang lebih besar. Olahraga menimbulkan efek beruntun yang membantu meringankan beberapa kondisi yang akhirnya akan melonggarkan arteri yang tersumbat. Olahraga secara teratur bisa membantu menurunkan berat badan yang berlebihan, meringankan tekanan darah tinggi, serta menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol “buruk”). Mungkin Anda harus memulai olahraga dengan lambat apabila Anda baru memulai rezim latihan.  Sebaiknya Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengatur rancangan latihan yang tepat untuk Anda.

Jika Anda telah terbiasa melakukan latihan rutin, usahakan untuk melakukan latihan aerobik (seperti joging dan bersepeda) tingkat sedang selama tiga puluh menit sebanyak lima kali dalam seminggu. Apabila Anda lebih suka melakukan latihan dengan intensitas tinggi seperti latihan crossfit (latihan yang menggabungkan latihan kardio dengan angkat beban), lakukan latihan selama tujuh puluh lima menit dalam seminggu.

Anda bisa meningkatkan detak jantung dengan latihan aerobik. Ini bisa berupa olahraga atau latihan lari berdampak tinggi, atau latihan berdampak rendah seperti berenang dan bersepeda.

Baca Juga: Manfaat Olah Raga Pagi Bagi Kesehatan

Berhentilah merokok. Bahan kimia yang ada di dalam rokok dan asap tembakau yang lain akan merusak sel-sel darah, dan mengganggu fungsi pembuluh darah dan jantung. Tiap-tiap gangguan ini menyebabkan terjadinya penumpukan plak (aterosklerosis). Salah satu langkah terbaik yang harus Anda lakukan agar jantung dan paru-paru Anda tetap sehat ialah dengan berhenti merokok.

Banyak orang yang kesulitan untuk berhenti merokok secara drastis (metode cold turkey). Manfaatkan berbagai bantuan untuk berhenti merokok seperti permen karet atau plester nikotin (nicotine patches), komunitas dukungan untuk berhenti merokok, dsb. ketika Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok.

Simak Juga: Bahaya Perokok Pasif Bagi Kesehatan

Jagalah agar berat badan Anda tetap sehat. Perubahan pada diet dan aktivitas fisik secara jangka panjang akan menghasilkan berat badan yang sehat. Anda bisa menetapkan tujuan berat badan yang benar-benar Anda inginkan menggunakan indeks massa tubuh (IMT), yang menggunakan tinggi dan berat badan untuk menaksir persentase lemak tubuh. Berusahalah untuk mencapai kisaran normal, yaitu antara 18,5 hingga 24,9 pada indeks tersebut.

Profesional medis menganggap bahwa indeks sebesar 25 hingga 29,9 termasuk kelebihan berat badan, sedangkan indeks sebesar 30 atau lebih dianggap sebagai obesitas.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cara menghitung IMT, lihat Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT).

Kurangi konsumsi alkohol. Penyalahgunaan alkohol bisa membuat Anda memiliki risiko yang tinggi terkena aterosklerosis. Secara umum, pria hanya boleh mengonsumsi dua minuman beralkohol dalam sehari, dan wanita hanya satu minuman.Takaran untuk satu minuman akan berbeda-beda tergantung pada jenis alkoholnya.

Kelola kadar stres Anda. Kadar stres yang tinggi akan menghasilkan hormon stres di tubuh Anda yang bisa menimbulkan efek radang yang kronis, yang pada akhirnya akan meningkatkan risiko aterosklerosis. Apabila Anda mengalami stres tingkat tinggi di rumah atau di tempat kerja, penting bagi Anda untuk memiliki mekanisme penanganan stres yang tepat agar Anda bisa rileks dan mengurangi risiko ini. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres di antaranya:

  • Menambah tingkat aktivitas fisik
  • Melakukan meditasi
  • Melakukan aktivitas yang menenangkan seperti taichi atau yoga.
  • Menikmati film, musik, atau karya seni lain yang Anda anggap bisa menenangkan dan menimbulkan rasa damai
  • Menyalurkan energi ke beberapa hobi favorit yang menenangkan

Kelola diabetes Anda. Anda memiliki risiko yang tinggi terkena aterosklerosis apabila memiliki diabetes tipe 2.[38] Apabila Anda menderita diabetes, kendalikan penyakit tersebut dengan melakukan pengujian glukosa darah, mengelola diet, dan tetap melakukan aktivitas fisik secara aktif.[39] Konsultasikan dengan dokter mengenai rancangan yang paling tepat untuk kondisi khusus Anda.

Pergilah ke dokter secara teratur. Dokter akan memantau kadar tekanan darah, trigliserida, dan kolesterol Anda dengan teliti ketika Anda membuat perubahan untuk mencapai kisaran yang sehat. Lakukan kunjungan ke dokter secara rutin untuk memantau indikator ini dan menandai kemajuan yang Anda capai.

Demikian ulasan mengenai tips membersihkan arteri yang tersumbat. Anda tidak boleh menganggap artikel ini sebagai nasihat medis, meskipun isinya memberikan informasi yang berhubungan dengan cara menangani kolesterol. Selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda mengubah diet dan rutinitas latihan, serta sebelum mulai mengonsumsi suplemen apa pun. Semoga ulasan diatas menambah pengetahuan dan selalu menjaga kesehatan. [YuQe-WartaSolo.com]