Manfaat Mengkonsumsi Gandum Utuh

Manfaat Mengkonsumsi Gandum Utuh

Manfaat Mengkonsumsi Gandum Utuh. Orang India menjadikan gandum utuh yang sudah menjadi tepung (atau yang dikenal dengan sebutan atta) sebagai makanan pokok mereka. Namun di Indonesia, masyarakat hanya menjadikan gandum sebagai bahan roti dan mie. Padahal gandum juga mempunyai kandungan karbohidrat cukup tinggi, sama seperti dengan nasi. Bahkan gandum utuh memiliki kandungan karbohidrat komplek, vitamin dan mineral yang sangat bagus. Selai gandum utuh ada beberapa biji-bijian yang kandungannya hampir sama dengan gandum utuh antara  lain: jagung, oat, beras merah, quinoa.


Gandum memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi diantaranya karbohidrat 60% – 80%, protein 6% – 17%, lemak 1.5% – 2.0%, mineral 1.5% – 2.0% dan sejumlah vitamin.

Selain kaya akan kandungan karbohidrat, vitamin dan mineral, gadum juga bisa menjadi salah satu yang bisa dijadikan referensi makanan sehat. Pasalnya, kandungan gandum yang sangat baik bisa menjaga kesehatan tubuh dari penyebab penyakit kronis (jantung, jantung koroner, hipertensi, dan diabetes.

Ada beberapa manfaat dari mengonsumsi gandum. Berikut di antaranya:

  1. Mengonsumsi gandum akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini karena serat larut yang ada di dalam gandum cenderung memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga mengurangi lonjakan kadar gula darah, yang pada akhirnya tak akan mendesak Anda untuk selalu makan. Gandum utuh sangat cocok dimasukkan kedalam menu program diet. Tapi hati-hati denganmakanan kemasan yang mencantumkan menggunakan gandum utuh, periksa komposisi makanan sebelum membeli.
  2. Mengonsumsi gandum secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Ini karena gandum mengandung serat larut yang disebut beta glucan dan dikenal membantu mengurangi kolesterol dengan menghalangi penyerapan kembali kolesterol saat melewati sistem pencernaan.
  3. Mengonsumsi gandum baik untuk menurunkan berat badan. Ini karena jumlah konsumsi gandum jauh lebih sedikit.
  4. Mengonsumsi gandum bisa bermanfaat untuk menyembuhkan sembelit. Hal ini karena gandum merupakan sumber serat yang dibutuhkan tubuh.
  5. Mengonsumsi gandum baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ini karena gandum mengandung jumlah lemak yang sangat sedikit dan rendah kalori.
  6. Mengonsumsi gandum juga bisa membantu Anda mengurangi risiko tertular tekanan darah tinggi dan hipertensi. Hal ini karena gandum mengandung tingkat rendah natrium.
  7. Gandum juga diketahui mengandung senyawa yang disebut phytochemical dan bisa mengurangi risiko seseorang terkena kanker.

Ulasan diatas merupakan manfaat dari mengkonsumsi gandum utuh. Selalu hati-hati bila membeli produk kemasan yang mencantumkan gandum utuh. Gandum utuh bisa dimasukkan kedalam menu harian anda untuk menjadikan hidup sehat bebas kolesterol. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca. [Yuni – WartaSolo.com]


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...
WartaSolo.com - Berita dan Informasi Terkini Juni 2018. Ikuti perkembangan terbaru jadwal motogp 2018, nama pembalap motogp 2018, klasemen motogp 2018, jadwal f1 2018, serta update klasemen f1 2018, dan jadwal superbike 2018, klasemen superbike 2018.