Penyebab Kandungan Lemah dan Penanganannya

Penyebab Kandungan Lemah dan Penanganannya

Penyebab Kandungan Lemah dan Penanganannya. Hamil merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu pasangan suami istri terlebih bila pasangan tersebut sudah lama menikah. Namun, keguguran sering menjadi hal yang menakutkan bagi semua wanita yang sedang hamil. Indikasi keguguran selama satu kali lebih bisa menjadi masalah kelainan kandungan atau kandungan yang lemah meskipun telah mendapatkan penanganan keguguran berulang. Jika sudah mengalami hal ini maka sulit bagi wanita untuk bisa melakukan cara cepat hamil secara alami. Bahkan beberapa wanita juga tidak bisa cepat hamil setelah lama menikah meskipun baru satu kali keguguran. Dokter mungkin akan mengatakan jika kandungan lemah sehingga sulit untuk mempertahankan janin tumbuh hingga bisa masuk proses persalinan.

Kelainan bentuk rahim

Masalah kelainan bentuk rahim memang menjadi masalah yang sering menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Umumnya rahim yang normal memiliki panjang sekitar 7,5 cm, dalam 2,5 cm dan lebar 5 cm. jika dibayangkan maka rahim berbentuk menyerupai buah pir yang berbalik. Bagian bawah rahim yang sejalur dengan vagina dinamakan serviks atau mulut rahim. Sementara bagian yang tinggi sebagai tempat sel telur dibuahi oleh sel sperma adalah fundus. Kelainan bentuk rahim sering menyebabkan masalah janin tidak berkembang, janin yang meninggal dalam kandungan dan penyebab kemandulan wanita pada umumnya.

Berikut ini beberapa jenis kelainan rahim yang sering menyebabkan kandungan menjadi lemah:

Rahim Unicorniate

Kelainan ini terjadi ketika ukuran rahim hanya setengah dari ukuran rahim yang normal dan hanya memiliki satu saluran tuba falopi. Proses kelainan ini terjadi ketika wanita masuk tahap pubertas dan perkembangan rahim yang tidak sempurna. Pada dasarnya ada dua bagian ovarium namun hanya ada satu saluran ke rahim. Kehamilan dengan kelainan rahim ini harus mendapatkan pengawasan dari dokter secara khusus karena keguguran bisa saja terjadi.

Rahim Didelphys

Kelainan ini juga termasuk jenis kelainan rahim yang sangat langka. Jadi rahim memiliki bentuk ada dua rongga pada bagian dalam. Setiap rongga ini memiliki saluran ke vagina dan leher rahim sendiri. Sehingga wanita ini memiliki dua vagina dan dua leher rahim. Kehamilan dapat tetap terjadi namun tentu membutuhkan usaha yang lebih keras jika dibandingkan dengan kelainan yang lainnya.

Rahim septate

Kelainan ini terjadi ketika bagian dalam rahim dibagi oleh septum merupakan dinding otot. Septum memiliki ukuran yang panjang dari bagian saluran ke rahim dan juga serviks. Kondisi rahim seperti ini akan menyebabkan wanita sulit hamil atau jika hamil maka biasanya lebih sering keguguran.

Rahim bicornuate

Rahim ini digambarkan seperti bentuk hati yang sangat jelas dengan lekukan pada bagian dalam. Ini berbeda dengan jenis rahim normal yang berbentuk seperti hati. Atau jika diperhatikan maka dari bawah rahim akan berbentuk seperti tanduk kanan dan ke kiri. Kehamilan dengan bentuk rahim seperti ini juga bisa menyebabkan keguguran.

Rahim arcuate

Rahim dengan bentuk seperti ini sebenarnya sangat mirip dengan bentuk rahim yang normal. Namun ada sedikit lekukan yang terlihat jelas pada bagian atas. Ini termasuk jenis kelainan rahim yang sangat umum dan bisa terjadi pada perempuan tanpa resiko apapun. Kehamilan bisa terjadi dengan rahim ini namun biasanya rentan resiko keguguran jadi harus dengan pengawasan dokter.

Adanya gangguan sistem tiroid dalam tubuh

Penyebab keguguran akibat kandungan lemah juga bisa terjadi jika adanya gangguan sistem tiroid dalam tubuh. Gangguan ini termasuk hipotiroidisme (kerja tiroid yang terlalu rendah) dan hipertiroidisme (gangguan tiroid yang terlalu tinggi). Kondisi ini bisa menyebabkan wanita yang hamil mengalami keguguran dan bahkan keguguran berulang pada awal trimester pertama. Masalah hormon ini sangat mempengaruhi kesuburan wanita. Jika fungsi tiroid terlalu rendah maka bisa menyebabkan hormon yang menekan ovulasi menjadi lebih tinggi. Sementara jika fungsi tiroid terlalu tinggi maka bisa menyebabkan estrogen terlalu tinggi. Efeknya bisa menyebabkan pendarahan dalam rahim dan kerusakan pada rahim. Bagi remaja kelainan ini bisa menjadi penyebab menstruasi tidak teratur. Jadi apabila wanita dengan kelainan system tiroid harus dengan pengawasan ekstra leh dokter.

Kelainan kromosom

Salah satu penyebab lain dari masalah kandungan lemah yaitu adanya gangguan kromosom pada wanita yang hamil. Kelainan ini murni berasal dari garis ibu dan bukan garis ayah. Kelainan ini akan menyebabkan keguguran karena sel telur yang dibuahi sel sperma tidak bisa membentuk embrio. Kelainan kromosom juga meningkatkan resiko kelahiran bayi dengan penyakit bawaan seperti sindrom Down dan berbagai penyebab janin cacat sejak dalam kandungan. Bahkan beberapa wanita dengan kelainan kromosom bisa menyebabkan hamil anggur yang berbahaya. Berhati-hatilah bila ada kelainan kromosom pada tubuh anda.

Gaya hidup yang buruk

Wanita memang sudah seharusnya menjaga gaya hidup untuk mendukung kesehatan reproduksi. Berbagai jenis masalah penyakit pada rahim wanita bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok, penggunaan narkoba, kebiasaan minum alkohol dan berbagai kebiasaan yang buruk lain. Efek dari rokok, alkohol dan narkoba bahkan bisa menyebabkan keguguran dan resiko melahirkan bayi yang cacat. Tidak hanya itu perokok pasif juga sangat rentan erhadap kandungannya.

Penyakit diabetes

Masalah penyakit diabetes juga bisa menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur. Diabetes terjadi ketika kadar gula dalam darah menjadi sangat tinggi sehingga tidak cukup insulin dalam tubuh. Wanita dengan tubuh yang terlalu gemuk bisa terkena diabetes. Meskipun beberapa ibu hamil juga bisa terkena diabetes saat hamil atau diabetes gestasional. Jika sudah seperti ini maka wajib untuk mengatur kadar gula darah dan melakukan perawatan yang rutin. (Baca: Diabetes Gestasional Pada Masa Kehamilan)

Kelainan pembekuan darah

Masalah pembekuan darah juga bisa menyebabkan kandungan yang lemah. Biasanya masalah ini sering menjadi penyebab keguguran berulang. Masalah pembekuan darah terjadi ketika proses ini tidak bisa terjadi secara normal. Bahkan dalam beberapa kasus kondisi tertentu bisa menyebabkan adanya penyakit lain atau resiko melahirkan bayi cacat. Untuk mengetahui kelainan ini maka ibu perlu melakukan tes darah saat hamil.

Gangguan sistem kekebalan tubuh

Masalah sistem kekebalan tubuh bisa menjadi masalah perempuan yang memiliki kandungan yang lemah. Gangguan ini menyebabkan tubuh menciptakan sistem yang bisa melawan tubuh itu sendiri dan dampaknya pada janin yang ada dalam kandungan. Pada dasarnya tubuh wanita yang hamil secara alami tidak menerima kehamilan itu sendiri. Karena itu masalah ini akan menyebabkan wanita yang hamil terus mengalami keguguran.

Penyakit dalam rahim

Adanya beberapa jenis penyakit dalam rahim juga bisa menyebabkan kandungan menjadi sangat lemah dan berbagai gangguan kehamilan seperti keputihan saat hamil. Hal ini tidak saja menganggu proses kehamilan tapi juga bisa menyebabkan sulit hamil, keguguran berulang dan menurunkan tingkat kesuburan pada wanita. (baca juga: makanan untuk penyubur kandungan)

Beberapa penyakit yang sering menyebabkan gangguan pada rahim adalah seperti: Miom, Kista ovarium, Endometriosis, PCOS : PCOS atau syndrome ovarium polikistik

Demikian ulasan mengani penyabab kandungan lemah dan cara penanganannya. Banyak factor yang menyebabkan kandungan seseorang lemah. Selalu jaga kesehatan dan konisi kehamilan anda. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi anda. Baca Juga: Waspada Kandungan Lemah Untuk Hindari KeguguranĀ  serta Bahaya Pre Eklampsia dan eklampsia pada kehamilan [YuQe-WartaSolo.com]

Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.