Penyebab Bayi Terlahir Cacat, Waspadalah Sedini Mungkin!



Penyebab Bayi Terlahir Cacat, Waspadalah Sedini Mungkin!, Gambar

Penyebab Bayi Terlahir Cacat, Waspadalah Sedini Mungkin!. Penyebab bayi lahir cacar karena asap rokok. Cacat bayi lahir dalam kandungan, Asupan makanan untuk janin, pengaruh kelainan kromoson atau karena faktor mutasi genetika. Sebagai calon orang tua mendambakan janin dalam kandungan dalam keadaan sehat dan tanpa kurang suatu apapun.

Namun terkadang hal tersebut tidak sesuai dengan apa ang diharapkan. Bayi terlahir dengan kondisi cacat, memang butuh ketegaran bagi calon orang tua yang mempunyai keturunan seperti yang tidak diharapkan.

Bayi terlahir cacat merupakan momok yang sangat menakutkan. Cacat bawaan pada bayi dapat disebabkan karena faktor bawaan/ keturunan, lingkungan yang kurang sehat, penyakit berbahaya yang mampu membuat kondisi janin tidak bisa tumbuh dengan sempurna seperti rubella atau cacar, asupan vitamin ibu hamil yang kurang serta pengetahuan tentang kehamilan yang sangat minim.

Penyebab Bayi Terlahir Cacat

Cacat bawaan atau cacat lahir menupakan kondisi janin yang mengalami suatu kekurangan bisa fisik bayi ataupun juga mental bayi. Memang perlu kewaspadaan dan pengetahuan bagi calon ibu mengenai kehamilan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir tingkat bayi lahir cacat.

Simak Juga:

Berikut beberapa penyebab secara rinci yang akan wartas0l0.com ulas lebih lanjut:

Faktor Genetik

Faktor genetik merupakan faktor keturunan yang menyebabkan cacat bawaan bisa dari keluarga bapak atau dari keluarga ibu bisa juga dua-duanya.

Kelainan Kromosom

Pada saat proses pembuahan sel telur maupun sel sperma memberikan peranan yang sangat besar bagi janin kelak. Kelainan kromosom bisa terjadi karena terhapusnya salah satu kromosom oleh bebrapa faktor baik dari luar maupun dari dalam kandungan. Pada kelainan kromosom yang parah zigot yang didapat dari hasil pembuahan sel telur dan sperma tidak bisa menjadi embrio. Dari kelainan kromosom tersebut maka muncullah syndrome down, syndrome edwards, syndrome patau.

Ibu Kekurangan Gizi

Asupan nutrisi untuk tumbuh kembang janin memang sangat penting, pasalnya apabila janin kekurangan asupan nutrisi akan mengakibatkan cacat bawaan. Nutrisi yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil antara lain vitamin A, vitamin B, asam folat, zat besi, omega 3 untuk menghindari bayi lahir cacat seperti spina bifida atau kelainan lainnya.

Lingkungan yang Buruk

Lingkungan menjadi peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan janin misalnya perokok pasif, penggunaan obat-obatan terlarang, paparan radiasi, alkohol, makanan yang kurang sehat juga bisa mempengaruhi bayi terlahir cacat.

Demikian tadi beberapa penyebab bayi terlahir cacat yang mesti diwaspadai oleh calon orang tua. Selalu konsumsi makanan sehat dan bebas dari obat-obatan kimia seperti pemanis, pengawet atau bahan kimia lain yang banyak terdapat dalam makanan instans. Semoga ulasan diatas bermafaat. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]