Penyakit Rubella Pada Wanita Hamil Akibatkan Kelainan Janin. Rubella merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit rubella menular melalui bersin atau ingus orang yang terinfeksi virus rubella. Penyakit ini sangat menular dan penularan pada orang lain sangat mudah. Virus rubella dapat menular saat 1 minggu sebelum ram kulit muncul hingga 1 minggu setelah ruan kulit muncul.

Bagi kebanyakan orang penyakit rubella merupakan jenis penyakit ringan namun penyakit rubela pada wanita hamil akibatkan kelainan janin yang bisa menimbulkan cacat janin dan anak terlahir dengan cacat yang serius. Untuk wanita hamil sebaiknya hindari kontak dengan penderita rubella.


Bagi penderita rubella sebaiknya diisolasi dari lingkungan misalnya dengan tidak bermain dulu karena penyebaran virus ini sangat mudah dan akibat dari virus rubella sangat fatal. Dilingkungan anak-anak virus ini sangat cepat menular jadi bila anak anda terkena virus rubella sebaiknya hentikan aktifitasnya baik bermain maupun sekolah.

Penyakit Rubella Pada Wanita Hamil Akibatkan Kelainan Janin

Resiko bayi yang terkena CRS dan keparahan dari cacat lahir anak tergantung pada usia kehamilan ibu ketika terinfeksi virus rubella.

  • Usia kehamilan 11 minggu tingkat resiko CRS sebesar 90%
  • Usia kehamilan 11-16 minggu tingkat resiko CRS sebesar 10-20%
  • Usia kehamilan 16-20 minggu tingkat resiko CRS minimal yaitu tuli
  • Usia kehamilan 20 minggu tidak ada peningkatan resiko CRS

Wanita hamil sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter apabila telah mengetahui bersama dengan penderita virus rubella selama 15 menit. Tes dapat dilakukan jika anda belum diimunisasi terhadap rubella dan kemungkinan anda akan dirujuk ke dokter spesialis kandungan untuk memeriksa apakah bayi mengalami CRS.


Simak Juga Ulasan Lainnya:

Pencegahan pada penyakit rubella yang perlu anda ketahui untuk mengantisipasi penyakit rubella:

  • Imunisasi campak, gondok dan rubella (MMR)
  • vaksin rubella diberikan dari program vaksinasi rutin
  • Wanita yang berinisiatif ingin mempunyai anak dapat meminta dokter untuk melakukan tes kekebalan rubella.
  • jika anda merasa imunisasi dalam diri anda belum lengkap dan beresiko tertular penyakit rublla maka anda dapat meminta vaksin MMR setiap saat pada layanan kesehatan masyarakat

 

Semoga ulasan mengenai penyakit rubella pada wanita hamil akibatkan kelainan janin yang mesti harus diwaspadai dan dihindari. Pengetahuan ibu sangat dibutuhkan agar janin terhindar dari penyebaran virus rubella. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]