Penyebab Sariawan Berkepanjangan Dan Cara Mengatasinya



Penyebab Sariawan Berkepanjangan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sariawan Berkepanjangan Dan Cara Mengatasinya. Salah satu jenis permasalahan mulut yang paling sering dikeluhkan oleh sebagian orang adalah sariawan. Sariawan memang tidak menular, penyakit yang disebabkan oleh jamur Candida albicans ini memang sangat menyakitkan.

Gejala sariawan yang kerap muncul dan kerap dikeluhkan antara lain luka pada lidah atau dinding mulut dengan warna putih, sensasi terbakar pada lidah apalagi terhadap makanan yang tajam pedas, asin, asam, rasa tidak nyaman dimulut serta sait saat digunakan untuk mengunyah makanan maupun menelan.

Penyebab Sariawan Berkepanjangan Dan Cara Mengatasinya. Jamur candida albicans yang menjadi penyebab timbulnya sariawan bisa dicegah dengan menjaga kebersihan mulut. Jamur candida albicans biasanya berada dimulut dalam jumlah kecil namun bila kebersihan mulut tidak dijaga jamur candida albicans bisa mengalami peningkatan dan akibatnya terjadilah sariawan.

Penyebab Sariawan Berkepanjangan Dan Cara Mengatasinya

Penanganan pada penderita sariawan biasanya dengan berkumur menggunakan air garam. Menggunakan air garam selain untuk meringankan sariawan juga bermanfaat mengcegah bau mulut yang tidak sedap. Atau bisa juga anda menggunakan obat-obatan yang berupa gel, krim, tablet, ataupun obat kumur yang fungsinya meringankan sariawan.

Simak Juga Ulasan Lainnya:

Sariawan dapat dicegah dengan langkah mudah. Di antaranya yaitu dengan menjaga kebersihan dan kesehatan mulut (misalnya rajin sikat gigi dan berkumur), menjaga kebersihan gigi palsu yang digunakan, serta berhenti merokok. Selain itu, merawat dan memeriksakan kondisi mulut serta gigi secara teratur ke dokter gigi juga dapat membantu menurunkan risiko munculnya sariawan. Pada awalnya, gejala sariawan biasanya tidak langsung terasa, tapi berkembang secara perlahan-lahan.

Jika sariawan Anda terasa sakit dan tidak segera sembuh, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Dokter biasanya akan mengambil sampel dari permukaan luka dengan cotton bud steril agar dapat memeriksa jenis mikroorganisme yang jadi penyebabnya. Dokter juga mungkin akan menganjurkan tes darah untuk mengecek kemungkinan adanya penyakit lain yang menjadi penyebab sariawan tersebut

 

Sariawan dapat dicegah dengan langkah-langkah mudah. Di antaranya:

  • Menjaga kebersihan mulut (misalnya, rajin sikat gigi dan berkumur).
  • Merawat dan memeriksakan kondisi mulut serta gigi secara teratur ke dokter gigi.
  • Berhati-hati saat mengunyah sehingga lidah atau pipi bagian dalam tidak tergigit.
  • Membatasi konsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi.
  • Merawat serta menjaga kebersihan gigi palsu yang digunakan.
  • Berhenti merokok.
  • Membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss atau benang gigi secara teratur.

Khusus bagi penderita asma yang memakai obat kortikosteroid melalui inhaler, Anda dianjurkan untuk selalu berkumur setelah menggunakannya. Bagi anda yang sedang sakit sariawan semoga artikel ini bisa bermanfaat. Demikian ulasan mengenai penyebab sariawan berkepanjangan dan cara mengatasinya.  [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]