Cara Menghilangkan Biang Keringat Dengan Bahan Alami



Cara Menghilangkan Biang Keringat Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Biang Keringat Dengan Bahan Alami. Musim pancaraoba, Cuaca panas membuat kulit berkeringat bahkan bagi yang mempunyai keluhan kulit sensitif ruam akibat biang keringat merupakan suatu hal yang sering terjadi. Bagi balita biang keringat lebih besar bila dibandingkan dengan orang dewasa karena kuli bayi masih sangat sensitif.

Biang keringat atau miliaria adalah suatu penyakit kulit yang debabkan oleh penyumbatan pada saluran keringat. Seperti yang diketahui bahwa pada bagian bawah permukaan kulit Anda terdapat ribuan kelenjar keringat yang berguna sebagai pintu saluran keringat menuju permukaan kulit. Andaikan pintu tersebut tersumbat, maka yang terjadi adalah merembesnya keringat ke dalam kulit. Sehingga akan muncul kantong-kantong atau bintik kecil yang lama kelamaan menjadi bengkak atau inflamasi, sehingga nantinya berubah menjadi ruam yang agak memerah.

Penyebab utama dari biang keringat sendiri yaitu penyumbatan pori-pori, keringat kemudian diuraikan oleh bakteri yang bernama Staphylococcus epidermidis. Bakteri ini hadir dan hidup di permukaan kulit, aman dan tidak menyebabkan infeksi. Namun begitu, bakteri tersebut mampu mengeluarkan zat lengket, yang mana jika menyatu dengan keringat dan sel-sel kulit mati dapat membuat saluran keringat tersumbat.

Cara Menghilangkan Biang Keringat Dengan Bahan Alami

Simak Juga Ulasan Lainnya:

Biang keringat ada yang bersifat membandel sehingga membutuhkan perawatan yang lebih intensif dan rajin membersihkan kulit agar biang keringat cepat teratasi. namun ada juga biang keringat yang biasa-biasa saja. Semua itu tergantung dari tingkat sensitifitas kulit.

Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi biang keringat, baik itu biang keringat membandel maupun biang keringat ringat. Dengan menggunakan bahan alami diharapkan untuk meminimalisasi terjadinya iritasi kulit. Cara tersebut antara lain:

Madu

Madu memiliki banyak kandungan yang baik untuk kulit, termasuk sebagai pelembab alami dan humektan. Untuk dapat mengatasi biang keringat menggunakan madu, Anda hanya perlu mengoleskan madu secara langsung ke area kulit yang bermasalah. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mencampurkan madu dengan minyak jojoba. Oleskan ke seluruh area yang terkena biang keringat, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini sebanyak tiga hingga empat kali setiap minggu.

Kayu Secang

Rebusan kayu secang berkhasiat mengatasi masalah kulit seperti biang keringat, jerawat, gatal-gatal caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan rebusan kayu secang kedalam bak mandi dan berendam beberapa saat pada air tersebut. Memang air rebusan kayu secang akan berwarna merah namun warna tersebut sangat aman bagi kulit bayi karena merupakan warna merah alami yang dikeluarkan dari kayu tersebut.

Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Keadaan biang keringat dapat menjadi lebih buruk jika terlalu banyak terkena sinar matahari. Terlebih jika penyebab dari biang keringat yang dialami adalah cahaya itu sendiri atau biasa disebut milia sekunder. Untuk mengatasi masalah ini, Anda tetap dapat keluar rumah pada siang hari, namun usahakan untuk menggunakan topi dan olesan tabir surya (sunblock).

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan biang keringat dengan bahan alami yang bisa anda coba. Untuk mengatasi biang keringat hindari pemakaian bedak yang malah menyumbat pori-pori selain itu pemakaian salep kulit juga akan menipiskan kulit bayi. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]