5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Sederhana Paling Ampuh. Bagaimana cara mudah menjaga kesehatan ginjal dan makanan apa saja yang mampu memelihara Ginjal namun mudah untuk didapatkan. Ginjal merupakan satu dari sedemikian organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia. Di setiap tubuh manusia pasti terdapat sepasang ginjal yang letaknya berada di daerah dekat pinggang. Ukuran Ginjal panjang satu organ ginjal manusia sekitar 10 cm dan kisaran berat lebih dari 200 gram.

Saat ini banyak orang di pedesaan maupun perkotaan yang menderita penyakit ginjal karena tidak bisa menjaga pola hidup sehat. Organ tubuh yang satu ini merupakan salah satu bagian sistem urine yang berfungsi untuk menyaring kotoran -terutama urea- dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.


Mungkin dari pengunjung Warta Solo banyak yang belum tahu jika setiap hari ginjal memproses darah untuk menyaring produk limbah dan ekstrak air yang dirubah menjadi urin dan kemudian mengalir ke kandung kemih melalui ureter. Nah, Fungsinya jika tidak dibersihkan dengan teratur dan benar, maka racun dalam tubuh kita bisa menumpuk dan menyebabkan masalah kesehatan serius seperti batu ginjal dan tekanan darah tinggi. Menurut pakar kesehatan ada beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi dan diketahui mengandung antioksidan yang baik untuk membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi tubuh. Baca: Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Tips Mengatasi Hipertensi

Perlu Anda ketahui jika Fungsi Ginjal Untuk Tubuh ini sangat vital dana perlu dijaga supaya tidak mudah terserang penyakit. Beberapa fungsi vital Ginjal yaitu.

1. Memfilter Darah
2. Mengontrol kadar asam dan basa dalam tubuh
3. Menjaga tekanan osmosis
4. Memproses ulang zat
5. Menyeimbangkan Zat Kimia Dalam Darah

5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Sederhana Paling Ampuh

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga Ginjal supaya tetap sehat dengan biaya yang murah.

1. Rutin Bergerak Demi Menjaga Kesehatan

Cara yang pertama cukup mudah dan bisa anda lakukan setiap saat, setiap pagi maupun waktu luang. Ginjal bisa dijaga dengan cara yang sangat simpel sekali, yaitu beraktivitas fisik. Anda harus aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan, karena kesehatan Anda bisa terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan. Lebih baiknya bisa menghasilkan keringat dan diimbangi minum.

2. Jaga Berat Badan

Menjaga berat badan menurut Anda perlu apa tidak? Saya yakin Anda menginginkan badan yang atletis dan body yang sispek. Jika mempunyai perut bergelambir akibat tumpukan lemak bisa menurunkan rasa percaya diri menurut dan malas untuk kumpul dengan sahabat ataupun teman. Selain mempengaruhi keadaan emosional berat badan yang berlebihan/obesitas sangat tidak nyaman untuk melakukan kegiatan.

Baca Juga: Cara Mengobati Penyakit Rematik Tulang Ampuh dengan Bahan Alami

3. Kontrol Tekanan Darah

Cara selajutnya yaitu mengontrol tekanan dara dengan cara cek up rutin. Penyakit ginjal biasanya dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Di peroleh data dari IRR selama lima tahun terakhir yang membeberkan bahwasanya sebanyak 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.

4. Jauhi Alkohol dan Hindari Rokok

Mungkin saat ini pecandu rokok di Indonesia sangat banyak dan tiap tahunya terus meningkat. Ada sebuah cerita menarik dan fakta jika pemilik satah satu pabrik rokok terbesar di Indonesia ternyata orangnya tidak merokok. Setelah dikonfirmasi dan ditanya kenapa bapak tidak merokok? Dia dengan mudahnya menjawab, Bapak tidak membaca peringatan yang terdapat pada label rokok. Sang wartawan terbelanga mendengar jawaban tersebut. Tembakau yang Anda hisap sehari-hari akan merusak paru-paru dan juga ginjal. Selain itu rokok (dan juga alkohol) juga menjadi penyebab utama tubuh Anda terserang berbagai penyakit mengerikan, salah satunya ginjal.

5. Hindari Stres

Stres berat menjadi pemicu utama membuat tekanan darah dan beresiko terserang penyakit ginjal. Cara mudah supaya tidak stress adalah dengan banyak bergaul, sering refresing akhir pekan, kumpul dengan keluarga, menikmati kebersamaan dan masih banyak yang lainya.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas seputar Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Sederhana yang sangat mudah Anda lakukan setiap saat. Semoga bermafaat bagi Anda dan keluarga dirumah. [Muvus Prasetyo – WartaSolo.com]