Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Tips Mengatasi Hipertensi

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Tips Mengatasi Hipertensi

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Tips Mengatasi Hipertensi. Saat ini banyak sekali orang mencari informasi mengenai cara mengobati darah tinggi, obat darah tinggi yang bagus dan juga cara mencegah dan mengatasi Hipertensi pada usia muda maupun tua. Untuk menerapkan hidup sehat memang gampang-gampang sudah. Selalu saja godaan dan pantangan yang harus dihadapi.

Sudah banyak penelitian dibidang kesehatan untuk mengatasi masalah ini dan masih belum ketemu ramuan dan racikan yang paling manjur. Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, juga gagal ginjal. Penyakit ini banyak kita temui di masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan umur 30 keatas.


Tekanan darah tinggi merupakan kasus kesehatan yang cukup serius dan pastinya harus segera di lakukan tindakan jika kambuh. Ada beberapa penyebab dan faktor darah tinggi (Hipertensi) yaitu Usia, faktor keturunan, Merokok, kelebihan berat badan atau obesitas, Kurang olahraga, kadar garam yang tinggi dalam makanan, terlalu banyak mengonsumsi minuman keras, stres.

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Tips Mengatasi Hipertensi

Bagi Anda penderita hipertensi direkomendasikan untuk mengonsumsi jenis makanan yang mampu mengontrol tekanan darah dan menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Makanan dan minuman apa yang cocok adalah:

Susu Skim. Susu ini sangat disarankan karena termasuk susu rendah lemak (low fat) yang kaya akan kalsium serta vitamin D. Kalsium dan vitamin D sendiri sangat diperlukan tubuh untuk menurunkan tekanan darah. Jika tubuh kekurangan kalsium dan vitamin D maka sangat beresiko menderita hipertensi.

Gandum. Biasakan diri mengonsumsi makanan dari gandum adalah cara mencegah tekanan darah tinggi paling efektif.

Baca Juga: Cara Mengobati Penyakit Kanker Dengan Seduhan Daun Sirsak

Buah-buahan Segar. Mengonsumsi buah-buahan tiap hari selain terhindar dari resiko tekanan darah tinggi juga membuat kulit menjadi lebih cantik dan halus.

Makanan non-Yodium. Yodium merupakan zat yang terkandung pada garam yang berpotensi menyebabkan naiknya tekanan darah. Disamping makanan yang terlalu asin, makanan pedas dan asam juga dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi.

Bawang Putih. Khasiat bawang putih sebagai salah satu penyembuh tekanan darah tinggi. Bawang putih juga memiliki kemampuan membakar lemak serta menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Cara Mengatasi darah tinggi paling ampuh adalah berhenti merokok juga berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi, kendalikan kadar kolesterol, kendalikan diabetes dan hindari obatyang bisa meningkatkan tekanan darah.

Simak Juga: Ciri Penyakit Tipes Yang Mesti Diwaspadai. Demam tifoid, atau typhoid

Sebagai tambahan Anda disarankan juga untuk mengkonsumsi buah lpukat, minyak zaitun, biji bunga matahari, dan sayuran berwarna cokelat gelap. Sekian informasi Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi semoga bermanfaat. [Muvus Prasetyo – WartaSolo.com]


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...