Ciri Penyakit Tipes Yang Mesti Diwaspadai. Demam tifoid, atau typhoid, Tipes, Tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhosa. Penyakit ini dapat ditemukan tidak hanya di Indonesia saja namun di seluruh dunia, dan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja.

Penyakit typus, tipes ini bisa dengan cepat menulur kepada orang lain. Infeksi dari Demam Tifoid ini dapat terjadi jika seseorang telah mengkonsumsi makanan atau pun minuman yang telah terkontaminasi dengan sejumlah kecil tinja yang telah terinfeksi bakteri. Meski sangat sedikit kasus yang ditemukan, tipes juga dapat menular jika seseorang terkena urine dari orang yang telah terinfeksi bakteri Salmonella typhi.


Sanitasi yang buruk menjadi penyebab utama dari penularan penyakit tipes, tinja yang telah terkontaminasi dengan bakteri Salmonella typhi menjadi sumber utama dari wabah penyakit tipes di dunia. Di Indonesia sendiri, penyebaran bakteri ini biasanya dapat terjadi melalui sumber air yang telah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri tersebut. Karena masyarakat Indonesia masih ada yang kurang menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan BAB disembarang tempat (sungai).

Ciri Penyakit Tipes

Ciri Penyakit Tipes. Biasanya, masa inkubasi dari bakteri penyebab tipes berlangsung sekitar 7-14 hari, tetapi juga bisa lebih cepat yaitu sekitar 3 hari bahkan bisa lebih lama dari biasanya yaitu hingga 30 hari. Kondisi ini merupakan durasi yang terjadi antara bakteri pertama kali masuk ke dalam jaringan tubuh sampai dengan timbulnya gejala awal yang akan dirasakan tubuh. Jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan tepat dan cepat, maka kondisi kesehatan pengidap penyakit tifus akan semakin memburuk dalam hitungan. Gejala tipes pun akan kembali muncul apabila pengobatan yang dilakukan tidak tepat, cepat dan tuntas.

Simak Juga:

Setelah infeksi terjadi akan muncul satu atau beberapa ciri berikut ini:

  • Demam tinggi dari 39° sampai 40 °C (103° sampai 104 °F) yang meningkat secara perlahan mulai sore hari hingga dini hari
  • Tubuh menggigil
  • Denyut jantung lemah (bradycardia)
  • Badan lemah (“weakness”)
  • Sakit kepala yang hebat pada malam hari, terutama di belakang kepala
  • Nyeri otot myalgia
  • Kehilangan nafsu makan
  • Konstipasi
  • Sakit perut
  • Pada kasus tertentu muncul penyebaran vlek merah muda (“rose spots”)

Segera lakukan pengobatan bila menemukan salah satu ciri tipes diatas. Anda harus dengan segera membawa kedokter, setidaknya lakukan tes lab untuk mengetahui hasil pasti. Pengobatan yang tepat akan mempercepat penyembuhan. Selain itu selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah terjadinya penularan. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]