Konsumsi Pisang Setiap Hari???, Kenapa Tidak. Pisang merupakan suatu buah dengan rasa lezat yang bisa dinikmati dengan banyak cara. Menyajikannya bersama roti gandum saat sarapan, menjadikannya bahan dasar smoothie yang meyegarkan, dipadu-padankan dengan buah lainnya, pisang caramel, pisang owel atau langsung dimakan tanpa ada varian tambahan.

Tak hanya rasanya yang lezat, pisang pun punya dampak positif bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, kalau kamu makan 3 buah pisang, itu sama saja dengan memberi 1.500 miligram potasium yang berguna untuk menambah tenaga bagi tubuh. Itu berarti pisang mampu menyumbang energy dari makanan lainnya.



Berikut manfaat pisang bila kita konsumsi setiap hari:

  • Menjaga tekanan darah di angka stabil. Karena mengandung potasium dalam jumlah yang cenderung tinggi, hal itulah yang bisa menyebabkan tekanan darah berada di angka yang terbilang normal. Kalau tekanan darah sudah normal, satu-dua penyakit seperti anemia ataupun darah tinggi pun jadi punya kesempatan yang minimal untuk menyerang.Konsumsi Pisang Setiap Hari???, Kenapa Tidak
  • Melancarkan pencernaan. Ternyata mangga bukan satu-satunya buah yang punya kadar serat tinggi. Pisang pun ternyata mengandung kadar serat yang terbilang tinggi, sehingga bisa membantu dalam hal pelancaran pencernaan. Selain itu, memakan pisang pun bisa membuatmu jadi selalu merasa kenyang, sehingga tak makan berlebih.
  • Bantu menciptakan sel baik untuk tubuh. Karena kaya akan vitamin B6 yang bisa membantu produksi sel baik untuk tubuh, seperti insulin dan hemoglobin. Maka, potensimu untuk terserang penyakit pun akan berkurang karena produksi sel metabolisme tubuh yang kian meningkat.
  • Kaya akan vitamin C. Selain vitamin B6 yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme, pisang juga mengandung vitamin C. Mungkin kamu juga sudah tahu kalau vitamin C adalah salah satu aspek penting dalam tubuh yang mengandung antioksidan. Hal tersebut berguna untuk melawan radikal bebas yang hendak masuk ke tubuh.
  • Meningkatkan mood dan membuatmu lebih ceria. Memberikan sekitar 27 miligram potasium ke dalam tubuh itu bisa memberi dampak baik, seperti meningkatkan mood dan membuatmu punya kualitas tidur yang baik. Kalau sampai kekurangan potasium, maka kemungkinan untuk merasakan kecemasan berlebih dan depresi pun meningkat.

Harga bersahabat jadi faktor lain yang memungkinkanmu untuk mengonsumsi pisang setiap harinya. Sehat itu tak hanya soal rutin berolahraga tapi juga memerhatikan berbagai asupan yang dikonsumsi. Karena kalau kita berolah raga tapi tidak memperhatikan makanan yang kita makan sama halnya kita mengurangi tingkat kesehatan kita. bila kita ingin menjadi sehat kita harus mengutamakan pola makan hidup sehat dan olah raga. [Yuni – WartaSolo.com]