Masalah Kesehatan Yang Sering Muncul Saat Puasa. Puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah wajib yang dijalani oleh seluruh umat tidak hanya di Indonesia saja namun Muslim di seluruh dunia. Mulai dari waktu fajar sampai dengan terbenam matahari di senja hari merupakan waktu berpuasa untuk seluruh umat muslim yang menjalankannya. Saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama 14 jam hal tersebut yang membuat tubuh kadang merasakan sesuatu seperti lemas atau pusing.

Hal ini sebenarnya merupakan kondisi yang wajar terjadi selama bulan puasa.  Jadi saat puasa sebaiknya tubuh mendapat asupan yang cukup, konsumsi buah, sayur, protein yang seimbang menjauhkan tubuh dari keluhan saat puasa. Pola makan yang seimbang dibarengi dengan olahraga ringan membuat tubuh tetap fit dan energik.


Anda bisa terhindar dari masalah kesehatan yang seringkali mampir saat berpuasa. Menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit merupakan keharusan saat berpuasa terlebih saat puasa Ramadhan. Pada awal puasa keluhat tersebut akan muncul namun seiring berjalannya waktu dan organ reproduksi kita sudah mulai mapan maka berbagai keluhan tersebut akan hilang. Beberapa masalah kesehatan yang sering muncul antara lain:

Baca Juga:

Tips Memilih Menu Sahur Dan Buka Puasa

Tips Agar Tubuh Tetap Energik Selama Puasa Ramadhan

Mulas

Masalah kesehatan yang pertama kali muncul yaitu rasa mulas. Rasa mulas diperut muncul karena lambung yang kosong namun tetap bekerja. Namun seiring berjalannya waktu rasa mulas akan hilang. Anda bisa mengkonsumsi obat lambung untuk meringankan rasa mulas pada waktu sahur.

Dehidrasi

Dehidrasi muncul karena kurangnya asupan cairan tubuh, namun anda bisa menyiasati timbulnya dehidrasi dengan banyak minum air putih pada saat tidak berpuasa jadi pada saat buka dan sahur perbanyaklah minum air putih. Selain itu anda bisa menyiasatinya dengan makan buah segar.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Sakit Kepala

Pada saat menjalankan ibadah puasa seringkali kepala terasa pusing dan nyeri seperti ditusuk-tusuk. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, baik itu akibat dehidrasi, kelaparan atau mungkin tidak adanya zat adiktif seperti kafein atau nikotin.

Cara penanganan masalah ini selama puasa yaitu dengan melakukan diet seimbang yang kaya akan gizi. Selain itu, bila perlu gunakan penghilang rasa sakit seperti parasetamol yang dapat anda konsumsi saat berbuka atau sahur.

Demikian tadi beberapa masalah esehatan yang biasa muncul saat puasa. Selalu jaga kesehatan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi serta olahraga teratur. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan [YQ-WartaSolo.com]