Tips Memilih Menu Sahur Selama Puasa Ramadhan Agar Tetap Sehat Dan Energik.  Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi semua umat muslim baik pria dan wanita. Umat Islam akan menjalankan puasa selama sebulan penuh dengan hati yang ikhlas dan lapang. Menahan lapar, dahaga, amarah dan hal-hal negatif lainnya yang bisa membatalkan puasa. Bagi sebagian, menahan diri dari makan dan minum selama 12-14 jam merupakan perjuangan yang sulit. Sementara bagi sebagian lainnya yang sudah terbiasa, menahan hawa nafsu adalah bagian yang paling sulit. PANTAU JUGA: JADWAL IMSAK PUASA 2017.

Agar kuat berpuasa sebulan penuh, hendaknya kita memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa. Karena selama hampir 14 jam tubuh kita tidak mendapatkan pasokan makanan, maka kuncinya yaitu mengatur asupan makanan yang kita konsumsi pada saat sahur. Pertanyaannya adalah makanan apa saja yang baik dikonsumsi sebagai menu sahur dan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari?


Tips Menu Sahur yang Baik

Bagi yang tidak paham, puasa sepertinya hanya menyiksa tubuh. Namun dibalik itu semua, manfaat puasa untuk kesehatan tubuh ternyata sangat banyak sekali. Dan hal tersebut sudah diverifikasi melalui berbagai penelitian para ilmuwan dan pakar kesehatan. Mengenai manfaat berpuasa sudah saya terbitkan ulasannya beberapa waktu lalu. Sekarag kembali ke pokok utma pembahasan kita kali ini yaitu mengenai menu sahur sehat. Makanan seperti apa yang harus dikonsumsi.

Asupan Cairan yang Cukup

Saat melakukan santap sahur, pastikan Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi meski puasa seharian. Caranya bangun sahur lebih awal dan meminum air mineral sebanyak 1 gelas atau lebih. Kemudian makan sahur pada akhir waktu lalu minum satu gelas air lagi. Bisa air mineral atau jus. Bersantap sahur dengan aneka sup atau makanan berkuah juga bisa jadi solusi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. (Baca: Manfaat Air Putih).

Makanan yang Mengandung Protein

Protein sangat diperlukan tubuh saat berpuasa karena bisa berperan sebagai cadangan energi. Makanan kaya protein layak dijadikan pilihan utama saat membuat menu sahur karena merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memberikan energi secara konstan. Ketika anda mengkonsumsi protein, tubuh akan memecahnya menjadi asam amino yang diperlukan oleh otot dan darah. Daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik. (Baca: Makanan Sumber Protein Tinggi).


Karbohidrat Kompleks dan Serat

Saat sahur, konsumsi makanan yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama. Dalam hal ini adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks serta makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Makanan tinggi serat dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan. Nasi merah dan roti gandum adalah contoh yang cukup bagus, meliputi sayuran dan buah yang tinggi serat.

Utamakan buah dan Sayuran

Selain karbohidrat kompleks, yang patut dijadikan menu utama adalah sayuran dan buah-buahan. Resep masakan seperti tumis sayuran, sup sayuran dan sejenisnya sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu buah-buahan juga sangat penting untuk dikonsumsi saat sahur. Baik berupa buah utuh maupun dibuat jus atau smoothies.

Simak juga kumpulan resep dan cara membuat minuman buka puasa yang segar dan manis untuk melepas dahaga, resep mudah menu sahur praktis, aneka resep menu buka puasa yang sehat dan nikmat.

Kacang-kacangan dan Ikan

Berbagai jenis kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang baik, mengandung protein tinggi serta lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Begitu juga dengan ikan berbagai jenis ikan meskipun murah mengandung asam lemak omega-3 dan 6 yang sangat baik untuk otak.

Daging dan Penggantinya

Daging-dagingan juga sangat diperlukan tubuh saat berpuasa. Karena itu, mengkonsumsi daging saat sahur sangat dianjurkan. Jika tidak ada daging bisa diganti dengan makanan seperti tahu atau tempe, dan juga ikan. Pilihlah daging tanpa lemak dan proses pengolahannya tidak boleh digoreng.

Komposisi Nutrisi

Saat membuat menu makan sahur, sebaiknya Anda juga harus memperhatikan komposisi nutrisinya. Usahakan mengandung 4 sehat 5 sempurna. Dimana santap sahur harus memenuhi semua vitamin, mineral dan zat gizi lainnya. Jadi selain nasi, sayuran, juga harus ada daging atau penggantinya seperti tahu, tempe dan juga susu atau buah-buahan sebagai pelengkap.

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Selama berpuasa tubuh akan kekurangan zat besi secara signifikan. Ini merupakan masalah besar bagi orang dengan riwayat penyakit anemia atau kurang darah. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengkonsumsi makanan-makanan sumber zat besi tinggi seperti hati ayam, sayur bayam dan sayur daun singkong. (Baca: Makanan Sumber Zat Besi Tinggi).

Magnesium dan Potassium

Mineral penting lainnya yang harus dicukupi tubuh adalah magnesium dan potassium. Magnesium bermanfaat seperti protein yang menawarkan cadangan energi secara berkesinambungan. Untuk memenuhi kebutuhan kalium dan magnesium bia didapat dari buah jeruk dan buah pisang. (Baca: Makanan Sumber Kalium Tinggi).

Produk Susu

Susu merupakan minuman sehat dengan kandungan gizi yang sangat banyak. Dari mulai vitamin hingga berbagai macam mineral ada dalam cairan berwarna putih ini. Susu juga merupakan sumber kalsium yang tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Pilihlah susu tanpa lemak yang saat ini banyak beredar di pasaran. Susu nabati sepeti susu kedelai juga bagus dan mengandung banyak protein. (Baca: Manfaat Susu Bagi Kesehatan).

Demikian Tips memilih menu sahur dan berbuka puasa yang sehat untuk tubuh. Agar tetap sehat dan energik selama puasa Ramadhan hendaknya mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan baik 4 sehat 5 sempurna. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan  [YuQe – WartaSolo.com]