WartaSolo.com – Meskipun banyak orang yang menginginkan badan yang ideal bahkan kurus, namun banyak juga orang yang menginginkan badan gemuk agar terlihat berisi dan tidak kerempeng. Hal inilah yang dialami sebagian banyak orang kurus untuk meningkatkan berat badan.

Bagi Anda yang susah untuk menaikkan berat badan, jangan mencoba untuk melakukan cara-cara aneh atau mengonsumsi banyak lemak. Ternyata ada cara alami yang bisa diterapkan untuk meningkatkan berat badan dengan cepat dan aman. Dikutip dari Merdeka, Rabu (02/04/2014), berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.


1. Hindari kalori kosong
Ya, kebanyakan mengonsumsi kalori memang akan membuat seseorang cepat gemuk. Namun ini bukan cara yang sehat dan tepat untuk menaikkan berat badan. Jadi hindari mengonsumsi makanan penuh kalori kosong seperti kue atau keripik kentang. Hindari juga junk food. Anda harus meningkatkan berat badan dengan cara yang sehat agar hasilnya juga baik untuk kesehatan tubuh.

2. Pilih camilan

Jangan sembarangan makan banyak hanya demi meningkatkan berat badan. Anda harus memilih camilan yang dikonsumsi sehari-hari dengan baik. Jangan memilih camilan yang mengandung banyak kalori. Salah satu jenis camilan yang bisa dicoba adalah stik apel dan wortel. Anda juga bisa menambahkan selai kacang.

3. Olahraga
Olahraga seperti angkat beban akan membantu meningkatkan massa otot. Ini akan membuat tubuh terlihat lebih berisi. Anda bisa mencoba olahraga ringan dengan beban yang tak terlalu berat. Seiring berjalannya waktu Anda bisa menambahkan jenis olahraga yang lebih berat dan lebih rutin. Namun ingat, ketika Anda mulai olahraga, pertimbangkan juga jumlah protein yang dikonsumsi. Shake protein adalah yang terbaik untuk pembentukan otot.

4. Porsi penuh
Agar cepat gemuk, tentunya Anda membutuhkan banyak makanan. Namun tak sembarang makanan dan jangan hanya dilihat dari segi kuantitas melainkan juga kualitas. Konsumsi porsi lengkap yang terdiri atas karbohidrat baik, buah, sayuran, dan protein.

5. Makanan penambah berat badan
Untuk menambah berat badan, Anda bisa mencoba beberapa resep makanan alami berikut ini:
– Rendam enam buah ara (buah tin) kering dan segenggam kismis. Biarkan hingga semalam. Keesokan harinya konsumsi makanan tersebut.
– Cara yang kedua adalah di musim panas, cobalah mengonsumsi buah mangga tiga kali sehari diikuti dengan segelas susu. Ini adalah cara alami yang diketahui bisa membantu menaikkan berat badan selama satu bulan.

Itulah beberapa cara alami dan sehat yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan berat badan.  Cara alami diatas membutuhkan proses dan waktu sehingga Anda harus bersabar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.