WartaSolo.com – Kehamilan merupakan saat yang dinantikan buat pasangan yang telah menantikan kehadiran buah cinta, maka dari itu ketika seorang ibu sudah hamil harus dijaga supaya kesehatan dan perkembangan janin yang dikandung tetap terjaga. Salah satu hal yang disarankan untuk ibu hamil adalah rutin minum susu kecuali yang mempunyai itoleransi laktosa.

Susu sangat baik untuk kesehatan terutama untuk ibu hamil karena susu mengandung kalsium, protein dan vitamin yang penting untuk pertumbuhan janin. Apa saja manfaat minum susu bagi ibu hamil? berikut adalah 5 manfaatnya


1. Kandungan kalsium yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan buah hati anda, karena itu setidaknya setiap hari ibu hamil disarankan untuk minum 3 cangkir susu untuk mencukupi kebutuhan kalsium.


2. Kebutuhan protein saat hamil untuk menguatkan rahim dan melancarkan sirkulasi darah serta menyehatkan payudara membuat ibu hamil disarankan untuk minum susu. Kekurangan protein dapat menurunkan berat janin yang dikandung.

3. Mengkonsumsi susu dapat meredakan mual saat hamil. Meski mual adalah hal yang pasti terjadi saat hamil namun bisa diredakan dengan rajin minum susu dingin. Selain meredakan mual susu dapat juga meringankan maag dan masalah lambung lain

4. Susu dapat menghidrasi tubuh dengan baik, sehingga ibu hamil yang mengkonsumsi susu akan terhindar dari gagguan kekurangan cairan selama mengandung.

5. Susu menjadi sumber vitamin D yang baik yang diperlukan untuk mencegah rakhitis neonatal dan berat badan janin yang rendah. Susu dapat menyuplai sekitar 59% vitamin D yang dibutuhkan.